Piala AFF U-19

Jalan terjal Garuda Muda menuju laga puncak

Jalan terjal Garuda Muda menuju laga puncak
Ilustrasi / SI
A+ A-
Sindonews.com — Perjuangan tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 menuju final AFF U-19 Youth Championship 2013 sangat tidak mudah. Mengawali turnamen dengan bagus, kemudian sempat limbung dan performa menurun, lalu kembali bangkit dan mencapai partai puncak.

Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Myanmar, Brunei Darussalam, serta Thailand. Grup ini disebut sebagai Grup Neraka karena berisi tim elit di Asia Tenggara. Sebutan itu terbukti benar karena kedua finalis, Indonesia dan Vietnam, berasal dari Grup B.

Vietnam dan Indonesia memiliki jalan yang berbeda di turnamen kali ini. Vietnam sudah panas sejak permulaan turnamen dan menghajar semua lawan-lawannya, termasuk Indonesia. Sedangkan Indonesia harus melewati fase penurunan sebelum kembali bangkit dan bisa memperbaiki performa.

Di bawah ini adalah jalan terjal yang dilalui Timnas Indonesia U-19 selama turnamen, yakni rekaman pertandingan yang telah dilalui Garuda mulai fase grup hingga semifinal;

-Mengalahkan Brunei Darussalam

Garuda Muda mengawali AFF 2013 dengan performa apik dan prospektif setelah menghajar Brunei Darussalam dengan skor telak 5-0. Walau lawan kelasnya jauh di bawah Indonesia sekaligus dengan persiapan minim, penampilan Maldini dkk sudah membius publik sepakbola Indonesia. Memperagakan sepakbola menyerang dan mengandalkan kecepatan tinggi, Indonesia seakan-akan sudah terlihat sebagai salah satu kandidat finalis. Bagaimana cara Maldini dan Ilham Udin membawa bola, sudah kelihatan anak-anak asuhan Indra Sjafri memiliki potensi untuk menjadi salah satu kontestan terbaik.

-Susah Payah Kalahkan Myanmar


Selanjutnya...
dibaca 2.264x
Halaman 1 dari 3
Top