Brazil berantas aksi kriminalitas

Selasa, 01 April 2014 - 00:12 WIB
Brazil berantas aksi kriminalitas
Brazil berantas aksi kriminalitas
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Brazil telah mengerahkan pasukan tentaramya ke salah satu daerah kumuh terbesar di Rio de Janeiro - dalam operasi pembersihan yang bertujuan untuk mengurangi kejahatan di kota tersebut menjelang Piala Dunia.

Seperti dilansir, Dail, Selasa, (2/14), pasukan federal Brazil memasuki pemukiman yang sering dilanda kekerasan Complexo da Mare - salah satu daerah kumuh terbesar di Brasil .

Warga yang tinggal di kompleks Mare terbentuk dari 16 komunitas dengan obat-obatan dan didominasi oleh kelompok-kelompok milisi garis keras.

Komplek Mare dekat dengan bandara internasional Rio, Kendati demikian para pejabat senior Brazil telah membantah bahwa Mare bersih-bersih terkait dengan Piala Dunia - mengklaim bahwa mereka bertujuan untuk memperbaiki kehidupan warga favela Rio.

Penyelidikan menemukan bahwa di jalan-jalan belakang Recife, sebuah kota di timur laut Brazil, anak perempuan berusia 12 sampai 17 tahum yang bekerja di prostitusi telah siap menyambut Piala Dunia 2014.

Sementara geng narkoba terbesar di Brazil sempat memberikan ancaman terhadap digelarnya Piala Dunia nanti. Namun kini pihak kepolisian Brasil menyatakan akan menindak tegas geng yang diketahui bernama PCC tersebut. PCC sendiri sampai saat ini masih terus dalam pengawasan setelah tercatat akan mengancam jalannya Piala Dunia nanti.

Kabarnya Geng tersebut adalah sebuah organisasi kriminal terbesar di Brazil yang digerakkan dari dalam penjara dan memiliki ribuan anggota. Pihak kepolisian Brazil telah terlibat dalam perang terbuka dengan PCC selama beberapa tahun terakhir. Menurut mereka, PCC tak akan dapat melakukan serangan saat Piala Dunia digelar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4566 seconds (0.1#10.140)