Minuman Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Mudah Dibuat

Rabu, 10 Agustus 2022 - 05:00 WIB
loading...
Minuman Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Mudah Dibuat
Minuman penurun kolesterol dan gula darah mudah dibuat di rumah. Sebuah tinjauan penelitian yang dilakukan oleh TAP menemukan alasan untuk minum teh chamomile. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minuman penurun kolesterol dan gula darah mudah dibuat di rumah. Sebuah tinjauan penelitian yang dilakukan oleh Tea Advisory Panel (TAP) menemukan alasan kuat untuk minum teh chamomile.

Chamomile adalah teh herbal populer yang terbuat dari bunga chamomile asli Eropa selatan dan timur. Tinjauan penelitian TAP menemukan teh chamomile menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Express, Rabu (10/8/2022) tinjauan tersebut menyimpulkan bahwa minuman tersebut dapat secara signifikan mengurangi kolesterol dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Hal ini penting karena kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi merupakan penyebab penyakit jantung. Temuan ini muncul dari ulasan yang berusaha mengevaluasi tiga teh herbal yakni chamomile, rosehip dan spearmint pada masalah kesehatan wanita.


Tinjauan tersebut mengidentifikasi uji coba terkontrol secara acak (RCT) dari database internasional yang besar. RCT secara acak menetapkan peserta ke dalam kelompok eksperimen atau kelompok kontrol untuk menguji obat tertentu, pengobatan atau intervensi lainnya.

“Karena kami ingin mengevaluasi mekanisme tindakan (yaitu bagaimana teh dapat bekerja dalam masalah kesehatan yang berbeda), kami juga mengidentifikasi studi tentang teh dan ekstrak teh yang dilakukan di laboratorium,” jelas dokter Gill Jenkins selaku rekan penulis studi dan penasihat tamu untuk TAP.

Temuan keseluruhan dari tinjauan RCT juga menemukan chamomile dapat mengatasi kurang tidur dan kecemasan, yang keduanya berkontribusi terhadap penyakit jantung dan penurunan otak.

"Peningkatan tidur dan kecemasan dapat meningkatkan fungsi otak karena istirahat lebih baik sehingga dapat disimpulkan bahwa teh chamomile secara tidak langsung dapat meningkatkan fungsi otak, meskipun efek langsung dari chamomile adalah menenangkan tanpa efek pada memori secara langsung,” kata Jenkins.


NHS menyarankan untuk membatasi jumlah garam yang Anda makan tidak lebih dari 6 gram sehari karena terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah. 6 gram sama dengan satu sendok teh.

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Anda juga harus menghindari makanan mengandung lemak jenuh, karena akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)