Alex Noerdin Buka Kompetisi Amatir PSSI Liga Nusantara

Selasa, 10 Juni 2014 - 04:08 WIB
Alex Noerdin Buka Kompetisi Amatir PSSI Liga Nusantara
Alex Noerdin Buka Kompetisi Amatir PSSI Liga Nusantara
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin secara resmi membuka kompetisi amatir PSSI Liga Nusantara yang bertema "Piala Gubernur Sumsel tahun 2014", Senin (09/06) di Stadion Internasional Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Liga Nusantara ini dilaksanakan untuk memperoleh tim terbaik yang akan mewakili Sumsel di tingkat Regional Sumatera.

Liga Nusantara ini diikuti oleh 10 tim yang berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumsel dan Tim Bank Sumsel Babel dan tim Universitas Sriwijaya. Pembuka yang bertanding yakni Tim PS Banyuasin berhadapan dengan tim PS Lubuk Linggau. Dalam pembukaan ini dihadiri juga oleh Ketua PSSI Pusat yang diwakili oleh Anggota Eksekutif PSSI Lasyah, Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian, serta Ketua Asosiasi PSSI Sumsel Rizal Abdullah.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, Di Provinsi Sumsel memilik 17 Kabupaten/ Kota, untuk itu diharapkan di tahun yang akan datang setiap kabupaten/Kota dapat mengirimkan timnya untuk mengikuti Liga Nusantara ini.

"Di Liga Nusantara kali ini ada 10 tim yang bertanding, tahun depan diharapkan paling sedikit ada 20 tim yang akan mengikuti kompetisi ini. Karena melihat di Provinsi Sumsel sendiri mempunyai 17 Kabupaten dan Kota, Sehingga Setiap Kabupaten/Kota dapat Mengirimkan timnya masing-masing," Terangnya.

Lebih lanjut Gubernur H Alex Noerdin menambahkan, melalui Liga Nusantara ini diharapkan dapat melahirkan pemain-pemain baru yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumsel. " Disini setiap tim akan diuji, Melalui Liga Nusantara ini diharapkan dapat melahirkan pemain-pemain baru yang berasal dari daerah di Sumsel," ungkapnya.

Ketua Asosiasi PSSI Sumsel Rizal Abdullah mengatakan ada 10 tim yang akan bertanding dalam liga Nusantara 2014 ini yang diantaranya berasal dari anggota Asprov PSSI dari setiap daerah di Sumsel dan dari calon anggota seperti klub Bank Sumsel Babel dan Universitas Sriwijaya. Kesemuanya telah lolos verifikasi dan dianggap mampu memenuhi semua persyaratan baik dari sisi finansial maupun infrastruktur berupa lapangan pertandingan.

Kesebelasan tim ini dibagi dua pool A dan B yang dibagi berdasarkan kedekatan wilayah masing-masing klub karena sistem pertandingannya home and away. "Dari kedua pool ini akan diambil dua tim yang akan melaju ke babak semifinal sebelum akhirnya diperoleh satu juara yang akan maju ke babak regional Sumatera." Pungkasnya.

Lanjutnya, Seperti diketahui liga nusantara bisa dibilang kompetisi strata II pengganti divisi I,II, dan III yang berada dibawah naungan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) . Untuk tahun ini, dua klub juara perwakilan dari masing-masing regional (Sumatera, Jawa, kalimantan Nusa Tenggara, Papua, dan Sulawesi) akan digabung dengan empat klub divisi I (peringkat 3-6 dari 16 tim ini akan diadu kembali guna mendapat 6 terbaik yang akan promosi ke divisi utama Liga Indonesia. "Tim juara liga ini akan diadu lagi dengan juara-juara regional di pulau Sumatera sebelum akhirnya diambil dua klub saja," Ungkapnya.

Anggota Eksekutif PSSI Lasyah mengatakan, Melihat Liga Nusantara yang di selenggarakan oleh Asosiasi PSSI Sumsel ini beliau sangat bangga terhadap PSSI Provinsi dan pemerintah Provinsi Sumsel yang telah mendukung untuk memajukan dunia sepak bola di Sumsel.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3879 seconds (0.1#10.140)