Target Mateng Sebelum Lebaran

Kamis, 17 Juli 2014 - 12:52 WIB
Target Mateng Sebelum Lebaran
Target Mateng Sebelum Lebaran
A A A
MALANG - Jelang berakhirnya bulan puasa, tim-tim Indonesia Super League (ISL) Jawa Timur mengencangkan agenda ujicoba. Dalam pekan ini juga hampir semua tim melakukan pertandingan ujicoba dengan menghadapi bobot lawan yang berbeda-beda. Namun targetnya seragam, yakni fisik pemain mapan sebelum lebaran.

Menjalani libur kompetisi yang cukup panjang memang mendatangkan konsekuensi pada kondisi pemain. Apalagi bukan sekadar libur kompetisi, tapi juga dibarengi bulan puasa. Bagi pemain yang beragama Islam, menjaga kebugaran selama Ramadan tentu sedikit berbeda dengan bulan lainnya.

Arema Cronus yang sempat mencicipi kekuatan Tim Nasional U-23 dan tim lokal asal Madura, rencananya bakal mencoba kekuatan Pusamania Borneo FC akhir pekan ini. Sebelum lebaran tiba, staf pelatih merencanakan setidaknya dua kali ujicoba lagi demi melihat perkembangan stamina pemain.

“Terpenting adalah kondisi pemain karena libur kompetisi yang disertai bulan puasa. Tapi kami juga melihat aspek taktik dan strategi dalam ujicoba ini. Targetnya sebelum lebaran tim sudah tidak ada masalah, sehingga Agustus nanti siap menjalani kompetisi kembali,” jelas Asisten Pelatih Arema Cronus Joko Susilo.

Dari wilayah utara, Persela Lamongan dan Persegres Gresik United sepakat berseteru di Stadion Surajaya Lamongan dalam laga ujicoba pada Kamis (17/7) malam. Pada saat yang sama, Persik Kediri menghadapi PSBK Kabupaten Blitar. Persik pada akhir pekan nanti juga meladeni Perseta Tulungagung.

Asisten Pelatih Persik Kediri Musikan menerangkan, lawan yang dihadapi dalam ujicoba ini sebenarnya masih di bawah kekuatan Persik Kediri. Sebab PSBK Blitar maupun Perseta Tulungagung adalah kontetsan kompetisi Divisi Utama. Tapi dia tidak memikirkan lawan maupun hasil ujicoba nanti.

“Targetnya menjaga kondisi karena selama puasa jelas ada penurunan stamina pemain. Saya rasa dua ujicoba sudah cukup sebelum libur lebaran, sehingga awal Agustus nanti tinggal membenahi sisi teknis. Secara umum tidak ada persoalan terkait libur kompetisi dua bulan ini,” terang Musikan.

Tim-tim Jawa Timur pada Agustus nanti tidak bersamaan dalam menjalani kompetisi ISL kembali. Ada yang memulai pertandingan pada pekan pertama Agustus, ada pula yang bertanding di pekan kedua. Malah Persepam madura United baru bertanding pada awal pekan ketiga Agustus karena ada perubahan jadwal.

Sama seperti Arema dan Persik, pihak Persela Lamongan juga menginginkan tidak ada pembenahan fisik dalam porsi besar setelah memasuki Agustus nanti. Diharapkan pertandingan ujicoba di akhir Juli sudah bisa menyempurnakan stamina pemain sekaligus memperbaiki aspek teknis.

“Kami beruntung bisa menghadapi Persegres Gresik United, karena tim dari ISL memberikan tantangan berbeda. Jadi selain menggarap fisik pemain, juga melihat sejauh mana progres tim selama ini. Jika melihat laga sebelumnya lawan Deltras Sidoarjo (berakhir 0-0), jelas kami belum puas,” ungkap Asisten Pelatih Persela Didik Ludiyanto.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7249 seconds (0.1#10.140)