Xi Jinping Diundang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth, Legislator Inggris Mencak-mencak

Kamis, 15 September 2022 - 18:59 WIB
loading...
Xi Jinping Diundang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth, Legislator Inggris Mencak-mencak
Momen Presiden China bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham pada 2015 lalu. Foto/SCMP
A A A
LONDON - Pemerintah China seharusnya tidak diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth II. Hal itu diungkapkan seorang anggota parlemen Inggris mewakili koleganya.

Anggota parlemen Senior Partai Konservatif, Tim Loughton dan Sir Iain Duncan Smith termasuk di antara mereka yang telah menulis surat kepada Commons and Lords Speakers untuk menyatakan keprihatinannya.

Mereka mengatakan luar biasa bahwa arsitek genosida terhadap minoritas Uighur telah diundang.

Sekedar informasi, Presiden China Xi Jinping ada dalam daftar tamu untuk pemakaman kenegaraan tetapi diperkirakan tidak akan hadir. Kunjungannya ke Kazakhstan dan Uzbekistan minggu ini menandai pertama kalinya dia meninggalkan China sejak awal pandemi Covid.

Pada hari Rabu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Beijing sedang mempertimbangkan untuk mengirim delegasi tingkat tinggi ke pemakaman Rau Elizabeth II, meskipun tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

South China Morning Post melaporkan bahwa Wakil Presiden China Wang Qishan diperkirakan akan menghadiri pemakaman tersebut, mengutip sumber-sumber diplomatik.



Surat kepada Commons and Lords Speakers, yang pertama kali dilaporkan oleh Politico, juga ditandatangani oleh rekan Crossbench Lord Alton dan rekan Buruh Baroness Kennedy.

Semua penandatangan telah diberi sanksi oleh China karena kritik vokal mereka terhadap negara itu, terutama atas perlakuannya terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur.

Tahun lalu, House of Commons menyatakan bahwa genosida sedang terjadi terhadap Muslim Uighur di barat laut China, dengan lebih dari satu juta orang diperkirakan telah ditahan di kamp-kamp di wilayah Xinjiang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)