Cegah Cedera Rotasi Besar-besaran

Sabtu, 20 September 2014 - 08:42 WIB
Cegah Cedera Rotasi Besar-besaran
Cegah Cedera Rotasi Besar-besaran
A A A
INCHEON - Rotasi besar-besaran akan dilakukan Pelatih tim nasional (timnas) U-23 Indonesia, Aji Santoso. Pelatih berusia 43 tahun itu menegaskan, siap merotasi di atas 60 persen skuad utamanya saat melakoni laga ketiga Grup E ASIAN Games 2014 kontra Thailand di Incheon Football Stadium, Incheon, Senin (22/9).

Aji dipastikan tidak akan menurunkan the winning team pada dua laga Grup E sebelumnya. Yaitu saat menggilas Timor Leste, 0-7, Senin (15/9), dan mempermak Maladewa, 0-4, Kamis (18/9). Dua kemenangan itu, sekaligus menempatkan Garuda Muda, julukan timnas U-23, sebagai pemuncak klasemen sementara.

“Pada pertandingan ke tiga, kami akan merotasi para pemai di atas 60 persen. Tujuannya mencegah pemain yang cedera, agar di babak 16 besar semua pemain dalam kondisi siap tempur. Sementara tujuan kedua, demi memberikan kesempatan kepada pemain lain untuk merasakan atmosfer turnamen,” tutur Aji, kepada KORAN SINDO, kemarin.

Empat posisi utama, penjaga gawang, lini belakang, tengah, dan depan diprediksi akan dirotasi Aji. Untuk penjaga gawang, Teguh Amiruddin kemungkinan besar akan turun penuh menggantikan Andritany Ardhiyasa yang mengalami cedera saat berhadapan kontra Maladewa.

Di barisan pertahanan, Syaiful Indra Cahya bisa saja dimainkan untuk mengistirahatkan Alfin Tuasalamony. Adapun Mochammad Zaenuri besar kemungkinan juga masuk dalam starting eleven untuk mengisi posisi Victor Igbonefo atau Manahati Lestusen. Lini belakang timnas U-23 memang tampil mengesankan. Setelah belum ada satu pun gol yang bersarang ke gawang Garuda Muda.

Di lini barisan gelandang, Ramdani Lestaluhu dan Dedi Kusnandar sudah pasti disimpan Aji. Sama seperti Andritany, kedua pemain tersebut juga harus ditandu keluar di laga kedua Grup E. Untuk mengisi posisi Dedi, Aji bisa memilih Rasyid Bakri atau Rizky Pellu yang punya gaya permainan sama dengan kapten Garuda Muda tersebut.

Untuk Dani, sapaan gelandang Persija Jakarta tersebut, nama-nama seperti Novri Setiawan, Syakir Sulaiman, bisa saja dijadikan alternatif untuk menemani Bayu Gatra dan Fandi Eko Utomo dalam skema 4-2-3-1 yang biasanya dimainkan Aji yang juga mantan penggawa timnas Indonesia pada era 1990-an tersebut.

Sementara di lini depan, masih 50-50 apakah Aji berani membangku cadangkan Ferdinand Sinaga yang sejauh ini jadi mesin gol Garuda Muda. Jika pencetak gol terbanyak sementara ASIAN Games 2014 tersebut diistirahatkan, pilihan bisa jatuh ke Yandi Sofyan Munawar atau Aldaier Makatindu.

“Dari tiga pemain yang cedera saat melawan Maladewa, hanya Dedi yang harus istirahat tiga hari. Dia masih terkendala dengan lututnya, tapi setelah diberi waktu istirahat InsyaAllah dia sudah bisa tampil lagi. Adapun Andritany dan Ramdani, Alhamdulilah semua dalam kondisi baik,” papar Aji.

Walau mengisaratkan adanya ritasi besar-besaran, Aji mengaku bukan berarti laga kontra Young Elephants, julukan timnas U-23 Thailand, akan dilepas begitu saja. Karena mantan pelatih dan pemain Persebaya Surabaya tersebut, juga mengistruksikan anak-anak asuhnya tampil maksimal di laga penentuan juara Grup E.

Soal siapa lawan yang diincar pada babak 16 besar, Aji mengangap semua lawan sama. Jika menang atau minimal imbang dari Thailand, timnas U-23 keluar sebagai juara Grup E dan berpotensi bertemu dengan Pakistan atau China yang masih berebut posisi runner up Grup F.

Namun jika akhirnya tumbang dari tim besutan Kiatisuk Senamuang dan akhirnya duduk diposisi kedua Grup E, Korea Utara (Korut) yang berstatus juara Grup F akan jadi batu sandungan bagi Bayu Gatra dkk dibabak 16 besar. Sekedar catatan, Korut menguasai Grup E setelah melumat China, 0-3, dan menundukan Pakistan, 2-0.

“Lawan siapa saja di babak 16 besar tidaklah jadi masalah. Kami sama sekali tidak memilih lawan. Karena semua tim bagus,” tandas Aji.

GRAFIS

Pemain Pelapis Timnas U-23 di Asian Games 2014 :

Teguh Amiruddin

Posisi : Kiper

Klub : Perseru Serui

Tampil di ASIAN Games 2014 : 1 caps (vs Maladewa (U-23)

Mochammad Zaenuri

Posisi : Bek Tengah

Klub : Perseba Bangkalan

Tampil di ASIAN Games 2014 : -

Syaiful Indra Cahya

Posisi : Bek Kanan

Klub : Persik Kediri

Tampil di ASIAN Games 2014 : 1 caps (vs Maladewa U-23)

Syakir Sulaiman

Posisi : Gelandang Serang

Klub : Sriwijaya FC

Tampil di ASIAN Games 2014 : 1 caps (vs Timor Leste U-23)

Rasyid Bakri

Posisi : Gelandang Bertahan

Klub : PSM Makassar

Tampil di ASIAN Games 2014 : 2 caps (vs Timor Leste U-23, vs Maladewa U-23)

Novri Setiawan

Posisi : Gelandang Serang

Klub : Persebaya Surabaya

Tampil di ASIAN Games 2014 : 1 caps/1 gol (vs Timor Leste U-23)

Rizky Pellu

Posisi : Gelandang Bertahan

Klub : Pelita Bandung Raya (PBR)

Tampil di ASIAN Games 2014 : -

Yandi Sofyan Munawar

Posisi : Penyerang

Klub : Brisbane Roar Youth (Australia)

Tampil di ASIAN Games 2014 : -

Aldaier Makatindu

Posisi : Penyerang

Klub : Pusam Samarinda
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5247 seconds (0.1#10.140)