Dapat Bantuan Mesin Pemecah Batu, Yaya Ma Dudara di Ternate Tingkatkan Produktivitas

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 22:16 WIB
loading...
Dapat Bantuan Mesin Pemecah Batu, Yaya Ma Dudara di Ternate Tingkatkan Produktivitas
Kelompok wanita pemecah batu yang tergabung dalam wadah Yaya Ma Dudara di Ternate, Maluku Utara, mendapat bantuan berupa dua unit mesin pemecah batu. Foto ist
A A A
TERNATE - Kelompok perempuan pemecah batu yang tergabung dalam wadah Yaya Ma Dudara di Ternate, Maluku Utara , mendapat bantuan berupa dua unit mesin pemecah batu. Dengan adanya bantuan mesin yang diberikan SiCepat Ekspres ini, Yaya Ma Dudara diharapkan bisa meningkatkan produktivitas mereka.



Chief Executive Officer (CEO) SiCepat Ekspres, The Kim Hai mengatakan, donasi mesin pemecah batu tersebut diberikan dalam rangka mendukung upaya pemberdayaan perempuan yang tengah digalakkan pemerintah Indonesia. Donasi ini, tambahnya, sejalan dengan misi Presidensi G20 Indonesia dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan hak perempuan.

"Melalui bantuan alat pemecah batu ini, kami berharap (bantuan) ini dapat memudahkan kelompok wanita pemecah batu di Ternate dalam menjalani pekerjaannya dan dapat membantu perekonomian di desa Togafu, Ternate agar lebih produktif,” kata The Kim Hai, Sabtu (8/10/2022).

Diketahui, kelompok pemecah batu Yaya Ma Dudara, Kota Ternate merupakan kelompok perempuan pejuang ekonomi keluarga yang beranggotakan 25 orang. Mereka adalah ibu-ibu tangguh yang dikukuhkan dan dilantik secara langsung oleh Ketua Wilayah Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) Provinsi Maluku Utara pada 24 Desember 2022.

The Kim Hai mengatakan, bantuan diserahkan secara simbolis pada Kamis (6/10/2022). Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri antara lain Insinyur Abuhari Hamzah -Gubernur Maluku Utara- Staff Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Provinsi Maluku Utara,
Anwar Hasjim selaku perwakilan Walikota Ternate, dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Utara, Nursia Abdul Haris selaku Ketua Komunitas Ibu Cerdas Indonesia dan Musrifah Alhadar selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Utara.

Musrifah Alhadar menyambut baik bantuan yang diberikan kepada Yaya Ma Dudara. Mesin pemecah tersebut, kata Musrifah, akan mempercepat produksi batu dan otomatis dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada SiCepat Ekspres atas bantuan yang diberikan kepada Kelompok Pemecah Batu binaan Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) yang berlokasi di Kelurahan Togafo, Kota Ternate. Semoga dengan bantuan mesin ini dapat membawa keberkahan bagi kelompok penerima karena ini akan sangat
membantu mereka dalam memproduksi batu,” ujarnya.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Nursia Abdul Haris selaku Ketua Komunitas Ibu Cerdas Indonesia. "Saya menyampaikan ucapanterimakasih kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan, Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan SiCepat Ekspres yang telah menyalurkan mesin pencacah batu kepada kelompok perempuan pemecah batu Yaya Ma Dudara.

Dia juga berharap mesin ini bisa lebih meningkatkan produksi yang semula dilakukan secara manual. "Harapan tersebut tentu juga berkesinambungan dengan meningkatnya pendapatan keluarga dan bisa membantu perekonomian mereka,” pungkasnya.

Anwar Hasjim selaku perwakilan Walikota Ternate mengatakan, mesin pencacah batu menjadi langkah awal bagi wanita pekerja
pemecah batu di desa Togafu, Ternate.

"Saya juga ingin memuji seluruh pekerja pemecah batu yang tak lain adalah kelompok ibu atas kesanggupan mereka dalam melakukan pekerjaan yang biasanya dilakoni oleh kaum pria. Momen ini juga sekali lagi memperlihatkan jika perempuan merupakan pendidik, pencetus, pembentuk karakter, hingga pencetak generasi yang akan meneruskan kepemimpinan bangsa” pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)