Waspada! Kesemutan Tanpa Sebab Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 18:27 WIB
loading...
Waspada! Kesemutan Tanpa Sebab Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari
Sering kesemutan tanpa sebab bisa menjadi gejala diabetes. Namun sayang, hal ini jarang disadari para penderita diabetes karena jarang menunjukkan gejala khas. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Sering kesemutan tanpa sebab bisa menjadi gejala diabetes . Namun sayang, hal ini jarang disadari para penderita diabetes karena penyakit ini jarang menunjukkan gejala khas.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSHB, dr. Endemina mengatakan bahwa penderita diabetes banyak yang sering mengeluhkan kesemutan. Kondisi ini biasanya muncul pada kaki dan tangan tanpa sebab.

"Kadang pun kesemutannya bisa terus-menerus, yang tidak diketahui penyebabnya," kata dr. Endemina saat Health Talk Tips Menghindari Penyakit Kronis Agar Hidup Menjadi Lebih Manis di Inews Tower, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Mengingat diabetes adalah silent killer, dr. Endemina mengimbau masyarakat untuk mengenali gejala penyakit ini. Selain kesemutan tanpa sebab, diabetes biasanya ditandai dengan sering mengantuk dan mudah merasa lemas.



Beberapa penderita diabetes juga menjadi sering ke toilet dan berat badan tidak naik meski banyak makan. Di sisi lain, dibates bisa menyebabkan komplikasi jika terlambat diobati.

Penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Mulai dari stroke, kebutaan, gagal ginjal hingga kematian.

"Jika tidak diobati atau tidak terkontrol, diabetes dapat menyebabkan masalah serius diantaranya dapat memicu penyakit jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, bahkan mengancam nyawa," jelas keterangan Kemenetrian Kesehatan seperti dikutip dari Instagram resminya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)