Afsel Tolak Gantikan Maroko

Senin, 20 Oktober 2014 - 19:19 WIB
Afsel Tolak Gantikan Maroko
Afsel Tolak Gantikan Maroko
A A A
JOHANNESBURG - Wabah virus Ebola ternyata berdampak kepada penyelenggaraan Piala Afrika 2015. Afrika Selatan (Afsel) melalui Menteri Olahraganya, Fikile Mbalula, menyatakan tak siap jika harus menyelenggarakan ajang itu di Januari tahun depan jika tuan rumah semula, Maroko mengundurkan diri.

"Tuan rumah Piala Afrika, tidak, tidak," tulis Fikile dalam akun twitternya seperti dikutip AFP.

Konfederasi Sepak bola Afrika (CAF) memang menyiapkan Afsel bersama dengan Ghana masuk ke dalam tujuh negara yang disiapkan sebagai tuan rumah pengganti andai Maroko mengundurkan diri. Rencananya, CAF bakal mengadakan pertemuan pada 2 November bulan depan untuk membahas penyelenggaraan Piala Afrika.

Maroko, melalui pemerintahannya memang telah menyampaikan permintaan Piala Afrika pada 17 Januari hingga 8 Februari tahun depan untuk ditunda. Hal ini dikarenakan, pemerintah Maroko takut wabah Ebola bakal menyebar di negaranya.

Fikile beralasan, pemerintahnya tidak menyiapkan dana untuk menjadi tuan rumah cadangan. Kendati demikian, Fikile mengungkapkan, pemerintahnya berkomitmen untuk menanggulangi wabah Ebola, bersama negara-negara Afrika lainnya.

"Kami harus menyiapkan untuk membagi kemampuan dan doktor kami untuk melakukan riset, menemukan vaksin untuk Ebola," tambahnya.

Kematian akibat Ebola sendiri banyak ditemukan di Guinea, Liberia, dan Siera Leone.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)