Penyebab Utama Konflik Israel dengan Palestina

Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:07 WIB
loading...
Penyebab Utama Konflik Israel dengan Palestina
Tentara Israel hendak menangkap warga Palestina yang terluka. Foto/anadolu
A A A
TEL AVIV - Konflik antara Israel dan Palestina memang sudah bukan hal yang mengejutkan lagi. Telah bertahun-tahun konflik itu tak kunjung padam.

Dilansir dari BBC, dimulai pada tahun 1948 dimana para petinggi Inggris dan para penguasa Yahudi mendeklarasikan pembentukan negara Israel.

Namun banyak orang Palestina yang sebelumnya menempati wilayah tersebut keberatan sehingga perang pun terjadi hingga pada akhirnya Israel berhasil menguasai sebagian besar wilayah di daerah tersebut.



Namun sebenarnya apa penyebab konflik yang berlarut-larut ini ? Apakah hanya karena masalah perebutan tanah kekuasaan saja atau ada hal lain yang melatar belakanginya.

Menurut washingtoninstitute.org, konflik Israel Palestina ini didorong oleh beberapa faktor seperti, etnis, kebangsaan, sejarah, dan paling utama adalah agama.

Dari sisi agama ini berkaitan dengan Islam dan Yudaisme dimana Zionis beranggapan bahwa Israel harus menjadi penjaga dan penentu bagaimana negara Yahudi seharusnya dan memiliki sikap yang cukup ketat bila berurusan dengan orang Arab.



Sementara kelompok Islam di Palestina beranggapan bahwa mereka harus menjaga situs-situs bersejarah yang berkaitan dengan tempat suci yang salah satunya adalah Masjidil Al-Aqsa.

Selain itu umat Muslim juga selalu menganggap bahwa Yahudi merupakan musuh yang akan dihadapinya ketika akhir zaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)