Bhineka Tunggal Ika Tetap Jadi Ikon Jersey Timnas

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 18:41 WIB
Bhineka Tunggal Ika Tetap Jadi Ikon Jersey Timnas
Bhineka Tunggal Ika Tetap Jadi Ikon Jersey Timnas
A A A
JAKARTA - Jersey teranyar Timnas Indonesia resmi diperkenalkan pada Jumat (31/10) sore tadi. Tak ada logo garuda besar atau sayap emas garuda, melainkan kalimat Bhineka Tunggal Ika yang masih disematkan di bagian dalam jersey.

Kalimat yang bermakna "berbeda-beda tetapi tetap satu" itu memaknai penggawa timnas yang berasal dari berbagai daerah menjadi satu dalam skuat timnas. Namun font Bhineka Tunggal Ika yang berbentuk bulat tersembunyi di balik jersey. Ya, font itu terletak di belakang kerah bagian dalam.

Menurut Direktur Kreatif Nike, Martin Lotti, yang mendesain jersey timnas, hal tersebut memang masih ditonjolkan Nike sebagai ikon yang dimasukkan ke dalam jersey.

"Ya, kalo soal ikon Indonesia, kami masih pakai Bhineka Tunggal Ika seperti yang sebelumnya (jersey 2012). Kalau sebelum-sebelumnya kan ada logo garuda, sayap emas, kini jersey yang baru masih pakai logo Bhineka Tunggal Ika," ucap Martin kepada Sindonews di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, ikon Indonesia selalu tampak pada bagian luar jersey. Seperti jersey tahun 2008 yang ada logo sayap emas dibelakang leher bagian luar, dan logo garuda di bagian depan pada jersey tahun 2010 lalu.

Sementara itu, sebagai warna dasar, warna merah masih tetap dipertahankan, sedangkan celana akan berwarna putih dengan garis merah di bagian samping. Apabila di kostum sebelumnya, bagian lehernya bundar, kini dibuat v-neck, dan terdapat list berwarna hijau pada bagian pundak. (baca: Jersey Anyar Timnas Lebih Berani)

"Desain klasik, namun tetap terdapat modernnya. Modernnya berada pada sisi bahu. Tidak polos karena ada warna hijau sehingga terlihat lebih berani," terang Technical Spesialis Nike Indonesia, Arie Wijayanti saat konferensi pers.

Jersey anyar timnas produksi Nike tersebut, rencananya akan mulai dikenakan ketika Ahmad Bustomi dkk berlaga di ajang Piala AFF 2014, yang akan digelar pada akhir November nanti.

(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4587 seconds (0.1#10.140)