Pemain 19 Tahun Bela Timnas Senior Bagi Firman Lumrah

Sabtu, 01 November 2014 - 10:02 WIB
Pemain 19 Tahun Bela Timnas Senior Bagi Firman Lumrah
Pemain 19 Tahun Bela Timnas Senior Bagi Firman Lumrah
A A A
JAKARTA - Gelandang senior tim nasional (timnas) Indonesia, Firman Utina, bisa soal persaingan menembus skuad inti Garuda yang akan berlaga di Piala AFF 2014, Vietnam-Singapura, 22 November-20 Desember mendatang. Walau sudah berusia 32 tahun, Firman tidak segan bersaing dengan para pemain muda.

13 tahun sudah Firman mengenakan serangam timnas Indonesia. Pasang surut karir timnas pun sudah dialami pemain tengah kelahiran Manado, 15 Desember 1981 tersebut. Dan kini, nampaknya Firman tidak boleh berleha-leha jika ingin namanya kembali dipercaya memimpin lini tengah skuad Garuda.

Selain ada Ahmad Bustomi yang satu tingkat dibawahnya, atau Ramdani Lestaluhu dan Irfan Bachdim yang dua tingkat lagi dibawahnya, posisi Firman bisa saja diganggu Evan Dimas yang mengkilap bersama timnas U-19. Dengan begitu bukan tidak mungkin, Firman bisa saja tercoret dari 22 nama yang nantinya akan benar-benar dibawa ke Piala AFF.

Walau kemungkinan itu bisa saja dialaminya, Firman tetap menunjukan sikap tidak mau kalah bersaing. Baginya, adanya muka-muka baru akan memberikan warna bagi timnas Indonesia. Dan dirinya pun menegaskan, semua pemain walaupun masih sangat muda tapi memiliki kualitas bagus, tentu layak langsung membela timnas senior.

"Jika ditanya pemain berusia 19 tahun seperti Evan Dimas layak atau tidak langsung membela timnas senior? Kenapa tidak. Bepe (Bambang Pamungkas) saja, dulu diusia 19 tahun sudah membela timnas senior," ungkap Firman.

"Evan itu pemain yang bagus. Saya rasa kalian juga lihat begitu. Dia termasuk gelandang bagus untuk saat ini. Mudah-mudahan Evan bisa mempertahankan cara mainnya. Tapi jangan berpatokan ke Evan. Karena kita semua berharap ada Evan yang lain bermunculan," lanjut gelandang Persib Bandung itu.

Saat ditanya apakah dirinya rela posisinya digusur Evan nantinya, Firman pun dengan tegas mangaku sangat merelakan hal itu jika demi kepentingan timnas. Namun, dirinya menyerahkan semua keputusan itu kepada Alfred Riedl sebagai pelatih kepala timnas senior Indonesia.

Seperti diketahui bersama, Evan jadi satu-satunya pemain dari timnas U-19 yang didaftarkan tampil di Piala AFF 2014. Walaupun sebetulnya, Riedl sempat memanggil beberapa nama untuk ikut berlatih seperti Ravi Murdianto, Hasamu Yama, Ilham Udin Armayn, Maldini Pali, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Di Piala AFF 2014, Indonesia tergabung dalam kelompok yang relatih ringan. Tergabung di Grup A, skuad Garuda akan bersaing dengan tuan rumah Viatnam, Laos, dan juga Filipina. Adapun di Grup B, tuan rumah Singapura akan meladeni tim-tim kuat Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Myanmar yang jadi kekuatan baru Asia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7138 seconds (0.1#10.140)