Ini 11 Panglima TNI yang Memiliki Tanda Jasa Satyalancana Seroja

Senin, 31 Oktober 2022 - 10:22 WIB
loading...
Ini 11 Panglima TNI yang Memiliki Tanda Jasa Satyalancana Seroja
Terdapat sebelas Panglima TNI yang memiliki tanda jasa satyalancana seroja. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sebelas Panglima TNI yang memiliki tanda jasa satyalancana seroja. Tanda tersebut bukti bahwa merekalah yang ikut serta dalam pengamanan wilayah di Timor-Timur .

Dilansir dari setneg.go.id, Satyalancana merupakan salah satu dari tiga jenis tanda kehormatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia oleh Presiden

Satyalancana seroja sendiri adalah medali yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat baik kalangan militer maupun sipil yang telah berjasa dalam gerakan operasi di Timor-Timur.

Sebagai seorang Panglima TNI sudah semestinya memiliki tanda jasa yang terpampang di seragam kebesarannya. Namun rupanya tidak semua memiliki tanda jasa satyalancana seroja.

Berikut 11 panglima TNI yang memiliki tanda jasa satyalancana seroja :

1. Jenderal TNI (Purn.) Maraden Panggabean

Maraden Saur Halomoan Panggabean lahir pada 29 Juni 1922 dan sempat menjabat sebagai Panglima ABRI pada tahun 1973 hingga 1978. Ketika menjabat sebagai Panglima, beliau juga merangkap sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan.

Selain aktif di bidang militer, semasa pensiunnya dia juga aktif dalam kegiatan organisasi di Golongan Karya (Golkar) sebagai anggota Dewan Pembina tahun 1973, hingga Wakil Ketua Dewan Pembina/Ketua Presidium Harian Dewan Pembina Golkar tahun 1979 hingga 1988.

2. Jenderal TNI (Purn.) Leonardus Benyamin Moerdani
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0736 seconds (0.1#10.140)