Persib, Pasti Tampil di Liga Champions Asia

Selasa, 25 November 2014 - 16:51 WIB
Persib, Pasti Tampil di Liga Champions Asia
Persib, Pasti Tampil di Liga Champions Asia
A A A
BANDUNG - Persib Bandung dipastikan menjadi wakil Indonesia untuk turun di Liga Champions Asia (LCA) 2015 mendatang. Kepastian tersebut didapat dari CEO PT Liga Indonesia (LI) sekaligus Sekretaris Jendral (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Joko Driyono.

"Jadi menurut ranking AFC, Indonesia berada di posisi 18 di Asia dan posisi 7 besar di Wilayah Asia Timur. Dengan posisi tersebut, Indonesia saat ini mendapatkan jatah satu play off di LCA dan satu jatah masuk grup di AFC. Tentunya kami mengirimkan tim yang menjuarai ISL," kata Joko, Selasa (25/11).

Dengan kata lain, lanjut dia, jika Persib mengalami kekalahan di zona play off LCA, maka tim yang berjuluk Maung Bandung itu akan bertarung di Piala AFC. "Sebaliknya, kalau Persib lolos LCA, maka jatah AFC akan diberikan untuk Persipura Jayapura. Untuk itu, kita kirimkan dua wakil tim dari Indonesia, peringkat pertama dan runnerup ISL," jelas Joko.

Namun begitu, kata Joko, kepastian Persib Bandung dan Persipura Jayapura untuk tampil di kompetisi se-Asia tersebut harus lolos verifikasi exco AFC. "Slot ini sebenarnya masih dalam posisi verifikasi oleh exco di tanggal 29-30 Nopember nanti di filipina. Keputusan finalnya diakhir bulan ini," katanya.

Menghadapi LCA 2015 itu sendiri, Persib Bandung dipastikan tidak akan ditukangi pelatih Djadjang Nurdjaman. Lantaran pelatih yang akrab disapa Djanur itu hanya mengantongi lisensi kepelatihan C AFC. Sedangkan persyaratan untuk tampil di LCA, pelatih kepala harus mengantongi lisensi kepelatihan A AFC.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengatakan pelatih berusia 56 tahun itu harus legowo posisinya diisi oleh orang lain yang sudah memiliki lisensi A AFC sebagai salah satu syarat keikutsertaan tim di kompetisi level Asia tersebut.

"Kemarin (evaluasi tim) sudah ada masukan kalau kita tetap main di AFC Cup Pak Djadjang tetap melatih. Kalau untuk Liga Champions itu tidak bisa ditawar dan Pak Djadjang sudah menyerahkan gimana baiknya," kata Umuh.

Umuh memuji keikhlasan Djanur yang merelakan posisinya kepada pelatih lain guna menjaga kehormatan Persib dan impian Persib untuk meningkatkan prestasinya di kanca Internasional. "Dia (Djanur) tidak akan berambisi untuk pribadi tapi ini untuk masa depan Persibnya juga. Intinya dia tidak ada yang dirugikan lah. Kalaupun ada tambahan, dia jadi Direktur Teknik umpamanya dan Pak Jajang siap saja tidak ada masalah," katanya.

Sebelumnya, beredar isu, pergantian pelatih di kubu Maung Bandung akan digantikan Rahmad Darmawan yang telah mengantongi lisensi kepelatiahan A AFC. Namun Umuh ogah berkomentar lebih jauh. "Soal penggantinya, belum. Nanti kita akan rapatkan terlebih dahulu," tegasnya.

Seperti diberitakan, Indonesia mendapatkan satu slot untuk tampil di LCA dan Piala AFC. Setelah rangking Indonesia di AFC (Association Football Club) pada 3 Nopember 2014, berada di urutan 18 dari 46 negara yang telah dinilai.

Posisi tersebut ditempati Indonesia setelah mengantungi 25.004 poin. Sebanyak 18.093 poin didapat dari penilaian terhadap klub, sementara 6.911 poin sesuai penilaian terhadap tim nasional Indonesia.

Dengan patokan tersebut, Persib, yang berstatus juara ISL musim 2014 akan tampil di play off Liga Champion, jika gagal Persib akan bermain di Piala AFC. Rencananya, drawing LCA 2015 akan digelar di AFC Kuala Lumpur, Malaysia pada 11 Desember 2014 mendatang, hasilnya akan keluar siapa lawan Persib.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4534 seconds (0.1#10.140)