5 Raja Majapahit yang Memiliki Masa Jabatan Tersingkat

Rabu, 02 November 2022 - 18:48 WIB
loading...
5 Raja Majapahit yang Memiliki Masa Jabatan Tersingkat
Terdapat lima Raja Majapahit yang memiliki masa jabatan tersingkat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima Raja Majapahit yang memiliki masa jabatan tersingkat. Kebanyakan dari mereka turun karena adanya pemberontakan dan kudeta dari saudaranya sendiri pada masa keruntuhan kerajaan terbesar tersebut.

Kerajaan Majapahit telah muncul sejak pemerintahan Sri Kertayasa Jayawarddhana tahun 1293 dan merupakan kerajaan Hindu Budha dengan wilayah kekuasaan terluas serta mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Baca juga : Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali

Dikutip dari jurnal.ugm.ac.id, pada masanya, kerajaan ini sempat memiliki masa pasang surut. Masa tenggelamnya kerajaan Majapahit dimulai sejak pemerintahan Sri Rajasanegara. Setelah itu tidak ada raja hanya memiliki masa jabatan yang cukup singkat.

Misalnya saja seperti Wikramawardhana atau Hayam Wuruk yang mampu berkuasa lebih dari 30 tahun. Beberapa raja Majapahit ini bahkan tidak dapat bertahan lebih dari 10 tahun.

Berikut lima Raja Majapahit yang memiliki masa jabatan tersingkat :

1. Girishawardhana

Girishawardhana Dyah Suryawikrama atau Bhra Hyang Purwawisesa adalah raja yang memimpin sejak 1456-1466 M atau hanya berkuasa selama kurang lebih 10 tahun.

Sebelum dia menjadi raja, Majapahit sempat dilanda kekosongan selama tiga tahun sepeninggal Rajasawardhana tahun 1453.

Kekosongan kekuasaan ini diperkirakan karena adanya perebutan kekuasaan antara Suryawikrama melawan para keponakannya, yang dipimpin oleh Samarawijaya, putra sulung Wijayakumara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)