Evan Dimas Buktikan Diri di Babak Pertama

Jum'at, 28 November 2014 - 19:48 WIB
Evan Dimas Buktikan Diri di Babak Pertama
Evan Dimas Buktikan Diri di Babak Pertama
A A A
HANOI - Pemain muda kebanggaan Indonesia, Evan Dimas Darmono akhirnya diberi kesempatan untuk pertama kalinya melakoni peran sebagai gelandang Tim Garuda di gelaran AFF Cup 2014. Sebelumnya Evan Dimas yang menjadi kapten di Timnas U 19, hanya menjadi penghangat bangku cadangan skuat besutan Alfred Riedl di laga kontra Vietnam dan Filipina.

Bahkan, hanya tujuh menit setelah laga dimainkan, pemain kelahiran Surabaya ini berhasil mencetak gol pembuka bagi Indonesia. Melihat dampak yang dibuat Evan Dimas dalam tujuh emnit pertama penampilannya bersama Timnas Indonesia, tentunya terbersit sebuah pertanyaan besar dikepala, kenapa Evan Dimas tidak diturunkan sejak laga pertama?

Perubahan strategi yang dilakukan Alfred Riedl kali ini kembali menunjukan perubahan signifikan setelah di menit 20, Ramdani Lestaluhu yang dua pertandingan sebelumnya hanya duduk di bangku cadangan, berhasil menggandakan keunggulan bagi Indonesia. Pemain yang memperkuat Persija Jakarta ini berhasil mencetak angka berkat umpan pendek Cristian Gonzales di dalam kotak penalti Laos.

Namun sayang, semangat yang telah dibangun para pemain muda Indonesia harus dilukai dengan pelanggaran keras yang dilakukan Supardi sehingga memaksa wasit menghadiahkan tendangan penalti bagi Laos. Supardi sendiri langsung diganjar kartu merah dan membuat Indonesia harus bermain dengan 10 orang di lapangan.

Khampeng Sayavutthi yang dipercaya untuk melakukan eksekusi penalti pun berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Meski bermain dengan 10 orang, Timnas Garuda tidak juga terlihat mengendurkan serangannya. Namun unggulnya jumlah pemain, membuat Laos lebih mudah mengantisipasi serangan yang dibagun para punggawa kebanggaan bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, Laos bahkan sempat mengancam jantung pertahanan Indonesia melalui penetrasi yang dilakukan Vilayout Sayyabounsou.

Namun Evan Dimas yang terlihat bermain dengan sangat tenang kembali berhasil mengancam gawang Laos dua menit setelahnya. Tapi sayang bola tendangannya masih terlalu pelan dan dengan mudah dipatahkan penjaga gawang Laos, Sengathit Somvang.

Hingga babak pertama berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia tidak berubah.

Susunan Pemain Indonesia vs Laos:

Indonesia:
I Made Wirawan, Zulkifli Syukur, Victor Igbonefo, Ahmad Jufriyanto, Supardi, Hariono, Manahati Lestusen, Ramdhani Lestaluhu, Boaz Salossa, Evan Dimas, Cristian Gonzales.

Pelatih: Alfred Riedl.

Laos:
Sengathit Somvang, Saynakhonevieng Phommapanya, Ketsada Souksavanh, Saycon Khunsamnam, Bounthavy Sipasong, Phountdavy Phommasane, Khonesavanh Sihavong, Keoviengpheth Lithideth, Soukaphone Vongchiengkham, Vilayout Sayyabounsou, Khampeng Sayavutthi.

Pelatih: David Booth.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6119 seconds (0.1#10.140)