Bambang Nur : Siapa pun Pelatihnya Pasti Kesulitan

Jum'at, 28 November 2014 - 22:33 WIB
Bambang Nur : Siapa pun Pelatihnya Pasti Kesulitan
Bambang Nur : Siapa pun Pelatihnya Pasti Kesulitan
A A A
JAKARTA - Jangan pernah bermimpi Tim Nasional Indonesia bisa berbicara di tingkat internasional. Di level Asia Tenggara saja, aksi Tim Garuda sampai saat ini terus membentur tembok besar. Bahkan pada edisi tahun ini nasib pahit harus diterima setelah gagal ke semifinal Piala AFF 2014.

Menurut mantan pemain nasional, Bambang Nurdiansyah sampai kapan pun Indonesia tidak akan memiliki timnas yang tangguh siapa pun pelatihnya. “Saya bisa mengerti mengapa tim tampil buruk. Siapa pun pelatihnya pasti kesulitan,” katanya seperti dilansir situs badan tim nasional, Jumat (28/11).

Penampilan anak asuh Alfred Riedl di awal laga Grup A sangat menjanjikan. Setidaknya, Vietnam yang menjadi tuan rumah berhasil ditahan dengan skor 2-2. Namun, kondisi tersebut berbalik saat tampil melawan Filipina.

Melawan tim yang selama ini kelasnya di bawah Indonesia, Firman Utina Cs malah tampil sebaliknya. Tim lawan bisa memberikan contoh bermain sepak bola yang efektif dengan serangan balik yang mematikan. Indonesia harus menelan kekalahan telak 0-4 dan itu merupakan hasil buruk pertama setelah 80 tahun melawan Filipina.

Hasil buruk tersebut merupakan isyarat jika penggemar bola di tanah air harus kecewa berat. Kemenangan 5-1 atas Laos di laga terakhir pun sudah tidak mempunyai arti apa-apa selain sebagai penghibur hati yang sudah terlanjur luka.

Bambang menilai apa yang terjadi dengan timnas tak lepas dari burukya kebijakan PSSI. Jadwal pertandingan di Indonesian Super League (ISL) menjadi salah satu biang kerok hasil buruk. Bayangkan saja, pemain baru berkumpul dan memulai latihan baru 10 hari usai liga yang konon terlama di dunia itu berakhir.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)