Kematian Tragis Penguasa Zalim Hajjaj bin Yusuf Usai Membunuh Imam Said

Sabtu, 05 November 2022 - 21:39 WIB
loading...
Kematian Tragis Penguasa Zalim Hajjaj bin Yusuf Usai Membunuh Imam Said
Hajjaj bin Yusuf meninggal pada Tahun 95 Hijriyah atau 714 Masehi hanya beberapa hari setelah Syahidnya Ulama Tabiin Imam Said bin Jubair. Foto ilustrasi/dok Ahmad Syahrin Thoriq
A A A
Berikut ini kisah kematian sosok penguasa kontroversial Bani Umayyah Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi yang sangat tragis. Selang beberapa hari setelah syahidnya Imam Sa'id bin Jubair rahimahullah, si penguasa zalim Hajjaj tertimpa satu penyakit aneh yang mengerikan.



Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq menceritakan kisah kematian Hajjaj ini untuk menambah khazanah pengetahuan Islam sekaligus nasihat untuk kita. Setidaknya terdapat hikmah dan pesan berharga dalam kisah ini. Berikut kisahnya.

Hajjaj meninggal pada Tahun 95 Hijriyah atau 714 Masehi hanya beberapa hari setelah kematian Ulama Tabi'in Imam Said bin Jubair. Ia merasakan sakit yang berpindah-pindah di sekujur tubuhnya. Dan yang paling berat ia rasakan adalah di bagian perut.

Siang dan malam Hajjaj berteriak kesakitan. Ia melolong sepanjang malam sambil mengucapkan kata-kata yang menyayat hati. Suhu badannya sangat tinggi. Sehingga orang-orang yang ada di dekatnya bisa merasakan hawa panas yang berasal dari badannya dan kulitnya menjadi menghitam.

Dari hari ke hari suhu tubuhnya makin meningkat dan bertambah parah rasa sakitnya hingga keadaaannya silih berganti antara pingsan dan siuman. Pernah seorang dokter memasukkan sepotong daging yang diikatnya dengan benang ke dalam kerongkongan Hajjaj, dan saat diangkat atau ditarik lagi, daging-daging itu sudah dipenuhi oleh cacing. Na'udzubillahi min dzalik!

Pada malam hari, Hajjaj hampir tidak bisa tidur. Kalau kemudian ia bisa terlelap, itu hanya sebentar. Lalu ia terbangun berteriak dan menggigau. Di antara ucapannya: "Ini dia Sa'id bin Jubair datang hendak menerkamku! Ini Said bin Jubair berkata, Mengapa engkau membunuhku?"

Kadang Hajjaj menangis tersedu-sedu sambil berkata: "Apa kiranya yang telah aku perbuat tergadap Said bin Jubair? Kembalikan Said bin Jubair kepadaku!"

Meminta Bantuan Imam Hasan Al-Bashri
Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi sakit Hajjaj, di antaranya dengan meminta imamnya kaum muslimin kala itu, Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah untuk mendoakannya. Namun Imam Hasan menolak. Kala itu Hajjaj dengan mengiba dan merengek mengatakan:

يا حسن ، لا أسألك أن تسأل الله أن يفرّج عنّي ، و لكني أسألك أن تسأله أن يُعجِّل قبض روحي و لا يطيل عذابي

"Wahai Hasan, aku tidak memintamu untuk berdoa kepada Allah agar ia menyembuhkanku, tetapi yang kuminta darimu adalah doa agar ia mempercepat proses pengambilan ruhku dan tidak memperpanjang siksa kematianku."

Ia terus dalam keadaan seperti itu hingga ajal menjemputnya. Ulama mencatat Hajjaj hanya berumur sekitar 15 hari sejak kematian Imam Ibnu Jubair.

Ibnu Katsir berkata: "Hajjaj tidak membunuh siapapun setelah kematiannya (Ibnu Jubeir)."

Saat hari ia dimatikan, orang banyak bergembira ria termasuk dari kalangan para ulama. Anak dari Imam Thawus menceritakan bahwa ketika ayahnya mendengar kabar kematian Hajjaj, ia berkata sembari menyitir ayat:

فقطع دابر القوم الذين ظلموا والحمد لله رب العالمين

"Maka orang-orang yang zalim itu pun dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam." (QS. Al-An'am ayat 45)

Imam Hasan Al-Bashri sujud syukur begitu mendengar kematiannya, lalu berkata:

اللهم أمته فأذهب عنا سنته

Artinya: "Ya Allah matikan dan hilangkan dari kami contoh keburukan yang ia tinggalkan."

Hammad bin Sulaiman berkata: "Mana kala dikabarkan kepada Imam Ibrahim an-Nakha'i akan kematian Hajjaj, ia sampai menangis karena senangnya."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)