4 Gangguan pada Areola Payudara yang Harus Diwaspadai

Minggu, 13 November 2022 - 21:30 WIB
loading...
4 Gangguan pada Areola Payudara yang Harus Diwaspadai
Seperti anggota tubuh lain, areola juga bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan. Foto Ilustrasi/Catinsyrup via Womans Day
A A A
JAKARTA - Wanita maupun pria memiliki payudara yang disertai dengan areola, yakni bagian gelap yang mengelilingi bagian puting. Namun berbeda dengan pria, areola pada wanita memegang peran penting dalam proses menyusui serta menerima rangsangan seksual.

Karena itu, seperti anggota tubuh lain, areola juga bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Tampilan areola umumnya dapat berubah karena pengaruh hormonal. Namun, dalam beberapa kasus, sejumlah perubahan yang terjadi dapat menjadi gejala suatu kondisi atau gangguan yang perlu diwaspadai.



Umumnya, gangguan pada areola juga memengaruhi puting payudara. Nah, berikut beberapa perubahan pada areola yang harus diwaspadai, dikutip dari laman Alodokter, Minggu (13/11/2022).

1. Nyeri

Payudara, termasuk area areola dan puting, dapat terasa nyeri menjelang waktu menstruasi. Periksakan diri Anda ke dokter jika merasakan nyeri di luar siklus menstruasi, nyeri yang dirasakan tidak kunjung hilang, atau nyeri yang tiba-tiba muncul tanpa sebab.

2. Perubahan Warna

Bagi wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui, perubahan warna areola dapat menjadi tanda kondisi kesehatan tertentu. Periksakan diri ke dokter jika areola Anda berubah warna menjadi kemerahan, terasa hangat, dan membengkak.



3. Perubahan Tekstur

Anda perlu mewaspadai jika tekstur areola menjadi menebal seperti kulit jeruk, pecah-pecah, bersisik, berkerak, atau terdapat benjolan yang tidak kunjung hilang. Sebaiknya, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

4. Bulu atau Rambut Berlebih

Bulu atau rambut yang terdapat di areola merupakan hal yang normal. Namun, pertumbuhan bulu berlebihan di area tersebut dapat menjadi tanda sindrom polikistik ovarium (PCOS). PCOS juga dapat dikenali dari kulit yang berjerawat, pertambahan berat badan, dan menstruasi yang tidak teratur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)