Tim 9 Siap Buka Dialog dengan PSSI

Selasa, 06 Januari 2015 - 02:31 WIB
Tim 9 Siap Buka Dialog dengan PSSI
Tim 9 Siap Buka Dialog dengan PSSI
A A A
JAKARTA - Tim 9 siap membuka dialog dengan pihak PSSI untuk menyelesaikan permasalahan sepak bola di Tanah Air. Hal itu disampaikan langsung oleh koordinator Tim Evaluasi Persepakbolaan Nasional, Oegroseno, di kantor Kemenpora seusai menggelar rapat perdana, Senin (5/1/2015) sore kemarin.

"Kita Tim 9 ingin terbuka ada apa sebenarnya dengan sepakbola kita, jangan sampai terjadi sepakbola gajah lagi. Dari masukkan ini diharapkan pemerintah nantinya bisa mengambil sikap dan kebijakan terkait dengan masalah sepakbola yang terjadi. Tim 9 siap dialog dengan PSSI," kata Oegroseno dikutip situs resmi Kemenpora, Selasa (6/1/2015).

Di tempat sama, anggota Tim 9 Gatot Dewa Broto menambahkan bahwa Menpora Imam Nahrawi telah mengirimkan surat kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk meminta izin, dijembatani dan difasilitasi agar Tim 9 nantinya bisa bertemu FIFA.

"Kita akan terus mencari masukkan dan informasi untuk Tim 9 dari berbagai elemen olahraga seperti KONI atau KOI, bahkan dengan PSSI sendiri. Bahkan Menpora pada tanggal 29 Desember lalu sudah mengirimkan surat ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk meminta izin, dijembatani dan difasilitasi agar Tim 9 nantinya bisa bertemu FIFA sebagai federasi di atas PSSI," jelas Gatot.

Deputi Bidang V Harmonisasi dan Kemitraan Menpora, sebelumnya pernah menyebut bahwa dirinya tak menampik bila pada akhirnya Menpora akan "menggoda" FIFA untuk melakukan komunikasi. Dengan catatan, dukungan masyarakat Indonesia yang meminta perubahan sepak bola sangat besar.

"Jika pada akhirnya dorongan dari masyarakat untuk membenahi sepak bola kita, maka kita akan bergerak untuk melakukan komunikasi dengan FIFA. Kami tidak takut dan kenapa tidak!" tutur Gatot ketika dihubungi Sindonews, bulan lalu.

Lebih lanjut dia menambahkan jika pada akhirnya FIFA menyetujui untuk membekukan PSSI, Kemenpora sudah menyiapkan sejumlah formula terkait nasib para pemain serta pelatih. "Kami sudah memikirkan masak-masak soal itu. Kami juga sudah menyiapkan alternatif, jika PSSI benar-benar dibekukan."

Anggota Tim 9 lainnya, Imam Prasodjo berkata jika pertemuan dengan Menpora untuk memberi masukkan dalam menyelesaikan masalah sepak bola Indonesia, yakni terkait masalah sepak bola gajah pada pertandingan PSIS Semarang versus PSS Slema.

Mantan Wakapolri ini menegaskan bahwa saat ini memang fokus kerja Tim 9 adalah untuk PSSI. "Kami tidak membahas masalah teknis, kami hanya memberikan masukkan untuk kebaikan olahraga kita. Kami saat ini fokus dalam pembentukan Character Building untuk sepakbola dan olahraga di Indonesia, sportifitas dan kejujuran harud ditata sebaik mungkin untuk kebanggaan sepakbola Indonesia. Kita tidak ingin lagi ada pertandingan yang tidak mencerminkan sportifitas dan karakter bangsa," tukas Imam Prasodjo.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8568 seconds (0.1#10.140)