Tampil Mandul, Persija Masih Mencari Pola Menyerang

Senin, 12 Januari 2015 - 05:58 WIB
Tampil Mandul, Persija Masih Mencari Pola Menyerang
Tampil Mandul, Persija Masih Mencari Pola Menyerang
A A A
JAKARTA - Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, mengaku masih mencari formasi ideal untuk membangun timnya dengan karakter ofensif. Formasi 4-1-4-1 yang dimainkan dalam turnamen pra musim, Trofeo 2015, belum menghasilkan gol lewat open play.

Persija Jakarta punya kesempatan baik mencoba berbagai formasi di Trofeo 2015 sebelum bergulirnya ISL musim 2015. Tim Ibukota melakukan bongkar pasang pemain saat menjajal Sariwijaya FC dan Arema Cronus di turnamen Trofeo, Minggu (11/1/2015). Sayangnya, usaha mencari formula menyerang yang tepat, belum berhasil.

"Kami punya dua kesempatan menguji pemain depan, melawan Sriwijaya dan saat melawan Arema. Tapi saya melihat ada jarak yang besar antar pemain. Mereka terpaksa memainkan umpan-umpan panjang dan itu tidak efektif," kata coach RD saat ditemui di Senayan, Jakarta.

Dalam laga itu, striker bintang, Bambang Pamungkas dimainkan sebagai starter pada laga pembuka Trofeo kontra Sriwijaya. Bambang kemudian digantikan penyerang asing, Kabayev, saat menghadapi Arema Cronus di laga berikutnya. "Saya mencoba variasi, saya mencoba membuat komposisi yang pas" lanjut RD.

Pola satu striker yang digunakan Persija nyatanya belum efektif mencetak gol, strategi 4-1-4-1 yang diterapkan RD diakui masih perlu banyak adaptasi. "Dua gelandang kami lebuh banyak membantu serangan, mereka rajin kembali bertahan, tapi kesulitan membangun serangan" tandasnya.

Dalam dua laga tersebut, Persija Jakarta tidak mempu membuat gol melalui open play, dan memanfaatkan waktu normal. Persija dikalahkan Sriwijaya FC (5-3) dan menang atas Arema (4-2) melalui babak adu penalti. Hasil tersebut membuat Persija Jakarta keluar mendampingi Arema Cronus sebagai juara bersama Trofeo 2015.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)