Kans Pemain Magang Promosi Tim Inti PSIS

Selasa, 20 Januari 2015 - 14:36 WIB
Kans Pemain Magang Promosi Tim Inti PSIS
Kans Pemain Magang Promosi Tim Inti PSIS
A A A
SEMARANG - Sejumlah wajah baru PSIS Semarang yang berstatus magang berpeluang besar bergabung dengan tim inti. Musim ini, Mahesa Jenar merekrut tujuh pemain magang, satu di antaranya adalah kiper.
Beberapa nama seperti Dani Raharjanto, Dewangga, dan Guntur, yang merupakan anak didik dari sejumlah klub di bawah Pengcab PSSI Kota Semarang, sangat memiliki kans untuk menjadi skuad inti. Ini tidak lepas dari performa mereka dalam mengikuti latihan dalam beberapa pekan ini.

Baik Dani, Dewangga dan Guntur, serta pemain magang musim lalu yakni Elmirio Andrestani dan Yuda Pramana, sudah menandatangani kontrak beberapa waktu lalu. Dani, merupakan tipikal seorang striker atau pun pemain sayap, karena dia memiliki kecepatan.

Kemudian Dewangga, adalah seorang gelandang serang dan Guntur, berposisi back. Sebenarnya
dari sisi kualitas, talenta mereka tidak terpaut jauh dengan para pemain andalan Mahesa Jenar. Hanya, dari sisi jam terbang, ini yang masih menjadi kekurangan dari pemain magang.

''Seleksi hasil dari Pengcab, tidak kita terjunkan. Prosesnya perlahan-lahan, kecuali kalau ada perkembangan yang signifikan,''ujar Pelatih PSIS M Dofir, Selasa (20/1).

Menurut Dofir, para pemain yang berstatus magang, meski belum akan diturunkan dalam skuad inti, namun tetap akan diberi kesempatan dalam ajang uji coba. Pasalnya, performa pemain tidak bisa dilihat dari satu hal saja, yakni teknis, namun faktor nonteknis, soal jam terbang juga sangat
menentukan.

''Kisarannya pada masalah mental. Semua pemain punya hak, tidak hanya Dani saja, tapi juga magang lainnya,''jelasnya.

Musim lalu, satu-satunya pemain magang yang bisa menembus skuad inti adalah Taufik Hidayat.
Bek kiri itu direkomendasi oleh tim pelatih, karena dinilai mampu berkembang dan bisa menyatu dengan pemain inti. Tapi sial, musim ini eks pemain Persib U-21 itu harus gantung sepatu sementara lantaran masih dalam masa disanksi oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Dofir berharap, musim ini ada beberapa pemain magang yang bisa menyusul Taufik. Tidak hanya satu orang, jika memungkinkan, pihaknya siap untuk merekomendasi lebih dari satu.

''Kalau ada yang direkomendasi, berarti dia siap. Saat ini saya belum ada rencana uji coba, mungkin nanti awal Februari sudah dimulai try in,''ucapnya.

Direktur Teknik PSIS Semarang Setyo Agung Nugroho menilai beberapa pemain magang musim ini cukup potensial. Secara teknik dan kecepatan, mereka sudah sedikit mengimbangi para pemain yang lebih senior. Butuh motivasi dan sedikit polesan karena persaingan di Divisi Utama juga cukup ketat.
''Mereka masih muda-muda, kelahiran 1996,''kata Setyo.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5768 seconds (0.1#10.140)