Mengapa Pemain Sepakbola Sering Makan Pisang? Ini 3 Alasannya

Rabu, 30 November 2022 - 23:18 WIB
loading...
Mengapa Pemain Sepakbola Sering Makan Pisang? Ini 3 Alasannya
Pemain sepakbola kerap terlihat memakan buah pisang ketika jeda pertandingan. Seperti dilakukan Marcos Rojo, pesepakbola asal Argentina. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Pemain sepakbola kerap terlihat memakan buah pisang ketika jeda pertandingan. Lalu, pernahkah Anda bertanya, mengapa harus pisang dari sekian banyak buah lain?

Tentu hal ini dikarenakan ada segudang nutrisi dalam buah pisang yang baik untuk menunjang performa dan meningkatkan energi para pemain sepakbola saat berlaga dalam sebuah pertandingan. Apa sajakah kandungan nutrisi yang baik dalam buah pisang? Simak informasinya berikut ini.

1. Kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram dan rasa sakit. Melansir laman Hello Sehat, selama berolahraga, tubuh kita kehilangan kalium melalui keringat dan aktivitas fisik yang lama dapat mengurangi kadar kalium secara drastis.

Kabar baiknya, makan pisang meningkatkan asupan kalium sebesar 487 miligram atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.



2. Vitamin C

Manfaat pisang untuk olahraga bisa didapatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Satu pisang mengandung sekitar 15 persen vitamin C yang dibutuhkan per hari.

Vitamin C sangat penting untuk memperkuat otot, tendon, dan ligamen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh saat olahraga. Vitamin C juga membantu mempercepat dan meningkatkan penyembuhan luka dan kerusakan jaringan lunak yang dibutuhkan setelah olahraga yang berat.

3. Karbohidrat

Pisang mengandung karbohidrat yang membantu mendukung kinerja selama olahraga. Sebagai sumber karbohidrat yang baik, mengonsumsi pisang secara rutin dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Saat mengonsumsi pisang, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat juga bisa diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di hati dan otot. Ketika melakukan aktivitas fisik, otot-otot kita menggunakan glikogen, yaitu sejenis karbohidrat, sebagai bahan bakar.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)