Sering Ngantuk di Siang Hari? Awas Hipersomnia!

Minggu, 18 Desember 2022 - 23:03 WIB
loading...
Sering Ngantuk di Siang Hari? Awas Hipersomnia!
Hipersomnia merupakan kondisi di mana Anda merasa sangat mengantuk di siang hari meskipun sudah tidur cukup atau mungkin lebih dari cukup. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hipersomnia merupakan kondisi di mana Anda merasa sangat mengantuk di siang hari meskipun sudah tidur cukup atau mungkin lebih dari cukup. Jika menderita hipersomnia, Anda akan tertidur beberapa kali di siang hari.

Hipersomnia bisa memengaruhi kemampuan Anda untuk fokus di tempat kerja, bersosialisasi, mempengaruhi kualitas hidup, dan kemungkinan mengalami kecelakaan.

Wanita Rentan Alami Hipersomnia

Dilansir dari Cleveland Clinic, Minggu (18/12/2022), hipersomnia lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Diperkirakan mempengaruhi sekitar 5% dari populasi. Biasanya didiagnosa pada masa remaja atau dewasa muda (usia rata-rata 17 hingga 24 tahun).



Tanda dan Gejalanya

- Episode kantuk ekstrem yang konstan dan berulang di siang hari.

- Tidur lebih lama dari rata-rata (10 jam atau lebih) namun masih sangat mengantuk di siang hari dan kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari.

- Kesulitan bangun di pagi hari, yang dikenal juga dengan istilah ‘tidur mabuk’ atau setelah tidur siang, terkadang tampak bingung atau agresif.

- Tidur siang tidak meningkatkan kewaspadaan. Tidur siang tidak menyegarkan dan tidak memulihkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4512 seconds (0.1#10.140)