Lima Fakta Liverpool vs Blackburn

Jum'at, 06 Maret 2015 - 23:26 WIB
Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
A A A
LIVERPOOL - Liverpool akan menjamu Blackburn Rovers di babak perempat final Piala FA, Mnggu (8/3). Steven Gerrard dan kawan-kawan terakhir kali bertemu Blackburn pada musim 2012 dengan berhasil memeroleh kemenangan 2-3.

Bagi Liverpool sendiri, Piala FA menjadi target yang paling realistis mengingat mereka telah gugur di Liga Europa dan Piala Liga, juga tertinggal dalam perburuan gelar juara Liga Inggris. Di sisi lain, trofi FA bisa jadi kado manis bagi sang kapten, Gerrard yang bakal mengakhiri 17 tahun pengabdiannya bagi Liverpool di musim ini.

Sementara itu, bagi Blackburn, laga melawan Liverpool bisa jadi momentum untuk memperbaiki performa. Pasalnya, The Rovers hanya memetik satu kemenangan dari lima laga terakhir mereka di Divisi Championship.

Jelang partai itu, tidak ada salahnya menengok fakta yang terjadi sepanjang sejarah pertemuan kedua klub tersebut. Berikut lima fakta Liverpool vs Blackburn.

Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
1. Sudah 135 kali bertemu

Liverpool dan Blackburn sudah bertemu sebanyak 135 kali sepanjang sejarah. Rinciannya, 67 laga digelar di Anfield Stadium dan 68 laga dihelat di markas Blackburn Rovers, Ewood Park.

Di Anfield, Liverpool masih menjadi penguasa dengan 40 kemenangan dan hanya 10 kali kalah serta 17 kali imbang. Lain cerita jika laga dihelat di Ewood Park, di sana, Blackburn unggul dengan 26 kali kemenangan berbanding 18 kali menang bagi Liverpool serta 24 kali imbang.

Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
2. Baru tiga kali berduel di Piala FA

Meski terhitung sering bertemu, ternyata Liverpool dan Blackburn baru saling adu kekuatan di Piala FA sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama kedua tim di Piala FA terjadi pada musim 1990/91 dengan hasil imbang 1-1, dilanjut pertemuan kedua di musim yang sama, dengan keunggulan 3-0 bagi Liverpool.

Salah satu yang paling diingat adalah pertemuan di musim 1999/2000. Kala itu, Blackburn di atas kertas tidak diunggulkan, apalagi pertemuan dilangsungkan di markas Liverpool, Stadion Anfield.
Namun demikian, hasil yang terjadi di luar dugaan. Melalui gol tunggal Nathan Blake, Blakcburn sukses menyingkirkan The Reds dari persaingan Piala FA kala itu.

Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
3. Laga ke-10 Brendan Rodgers di Piala FA

Laga melawan Blackburn nanti bakal menjadi laga kesepuluh Rodgers. Debut Rodgers di Piala FA
sebagai pelatih Liverpool di Piala FA terjadi Januari 2013 dengan menaklukkan Mansfield Town FC 1-2.

Total, Rodgers sendiri telah mengoleksi enam kemenangan dari sembilan laga yang telah dilakoninya sebagai Pelatih Liverpool di Piala FA. Sisanya, Rodgers dua kali kalah dan satu kali imbang.

Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
4. Koleksi 13 Piala FA

Liverpool merupakan klub ketiga tersukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala FA. Bersama dengan Chelsea, dan Aston Villa, The Reds telah mengoleksi tujuh gelar Piala FA di bawah Tottenham Hotspur (8 gelar), Manchester United dan Arsenal (11 gelar). Tahun 2006 adalah tahun terakhir Liverpool berjaya di ajang ini.

Sementara itu, Blackburn bisa dibilang klub yang cukup sukses di Piala FA dengan raihan enam gelar bersama dengan Newcastle United. Sayangnya, The Rovers terakhir kali juara pada 1928. Total, Blackburn telah tampil di final Piala FA sebanyak delapan kali.

Lima Fakta Liverpool vs Blackburn
5. Nostalgia Jay Spearing

Laga melawan Liverpool kali ini punya makna bagi Jay Spearing. Ya, pemain 26 tahun ini merupakan pernah membela Liverpool selama lima musim dari 2008 hingga 2013. Yang spesial, Spearing merupakan produk akademi Liverpool.

Spearing masuk akademi Liverpool pada 1997 dan kemudian naik ke tim senior pada 2008. Pemain kelahiran Wallasey ini turut mempersembahkan Piala Liga bagi The Reds di musim 2011-2012.

Ketatnya persaingan di lini tengah Liverpool memaksa Spearing angkat kaki dari Anfield pada 2010 untuk dipinjamkan ke Leicester City. Kemudian Spearing pun sempat dipinjamkan juga ke Bolton Wanderers di musim 2012-2013 lalu kemudian dipermanenkan.

Di awal musim ini, Spearing dipinjamkan Bolton ke Blackburn dan telah delapan kali tampil bagi The Rovers,.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5415 seconds (0.1#10.140)