Terbanyak, Utang Lima Klub Liga Inggris Ini

Senin, 30 Maret 2015 - 12:28 WIB
Terbanyak, Utang Lima Klub Liga Inggris Ini
Terbanyak, Utang Lima Klub Liga Inggris Ini
A A A
INGGRIS - Status Liga Inggris sebagai salah satu liga paling kompetitif di dunia membuat klub-klub peserta berlomba menggelontorkan uang demi agar dapat berkompetisi dengan apik dan maksimal.

Gelontoran uang yang mengalir ke klub-klub sendiri bisa berbagai macam sumbernya. Mulai dari pembayaran hak siar, sponsor, kerjasama komersil, hingga utang.

Ya, utang menjadi salah satu cara yang digunakan klub untuk membiayai bermacam kebutuhan klub seperti membeli pemain bintang dan menggaji para pemain tersebut. Namun, mengambil jalan dengan berutang bisa menjadi bumerang bagi klub itu sendiri.

Di satu sisi, klub bakal bisa mendatangkan pemain bintang yang otomatis memperbesar peluang untuk mendapat gelar atau nangkring di papan atas klasemen di akhir musim. Di sisi yang lain, klub yang tidak bisa mengelola keuangaan termasuk utangnya berpotensi untuk bangkrut.

Jelang akhir musim 2014/2015, Daily Mail mengeluarkan data keuangaan klub-klub peserta Liga Inggris. Termasuk klub yang paling banyak berutang. Berikut daftar lima klub yang memiliki utang terbanyak.

1. Chelsea


Chelsea menjadi klub yang memiliki utang terbanyak di Liga Inggris. Tercatat, The Blues berutang 958 juta poundsterling kepada sang pemilik Roman Abramovich.

Utang Chelsea itu bahkan lebih besar dari jumlah pendapatan mereka yang berjumlah 319,9 juta poundsterling. Selain utang, Chelsea juga punya pekerjaan membayar gaji para pemain mereka yang jumlahnya 193 juta poundsterling atau 60 persen dari pendapatan mereka.

2. Manchester United

Gagal masuk ke Liga Champions memangkas pendapatan Manchester United. Di sisi lain, jumlah utang Setan Merah justru meningkat.

Utang-Utang itu berasal dari pinjaman yang dilakukan pemilik klub, Keluarga Glazer saat mengambil alih klub pada 2003. Saat itu, Glazer menggunakan dana pinjaman untuk mengambil alih kepemilikan saham mayoritas di tubuh Setan Merah.

Saat ini, United memiliki hutang 342 juta poundsterling. Beruntung, jumlah pendapatan 433,1 juta poundsterling membuat keuangan klub tetap stabil. Mereka pun masih mampu membayar total gaji pemain sejumlah 215 juta pounds atau 50 persen dari jumlah pendapatan mereka.

3. Arsenal

Selesainya utang pembangunan Stadion Emirates tidak membuat Arsenal bebas total dari utang. The Gunners tercatat masih memiliki utang 240,5 juta poundsterling.

Meskipun demikian, jumlah utang itu masih tergolong aman jika melihat pendapatan klub yang berjumlah 298 juta poundsterling. Sementara, total gaji yang harus dibayarkan pihak klub kepada pemain mencapai 166,4 juta poundsterling.

Dengan jumlah pendapatan demikian, Arsenal digolongkan menjadi salah satu klub dengan keuangan yang sehat di Liga Inggris. Tak ayal, ini membuat mereka diperkirakan bakal leluasa mendatangkan pemain bintang.

4. Newcastle United

Kepemilikan Mike Ashley di tubuh klub patut dipertanyakan. Pasalnya, di tangan Ashley, jumlah utang The Magpies terbilang fantastis.

Klub yang bermarkas di Sports Direct Arena itu berutang 129 juta poundsterling atau hanya satu juta pounds lebih sedikit dari total pendapatan klub yakin 130 juta pounds. Pekerjaan rumah klub bertambah saat mereka juga harus membayar total gaji 60 juta poundsterling kepada para pemain mereka.

5. Liverpool


Liverpool sempat berada dalam periode suram saat klub berada di bawah kepemilikan Tom Hicks dan George Gillet. Namun, periode itu berangsur-angsur hilang sejak kepemilikan diambil alih oleh Fenway Sports Group di bawah kepemimpinan John W. Henry.

Perlahan, keuangan The Reds membaik. Kini jumlah utang mereka 'hanya' 127 juta poundsterling dengan total pendapatan klub 255,6 juta poundsterling. Jumlah gaji yang harus dibayarkan Liverpool kepada para pemainnya berjumlah 144 juta pounds, paling sedikit dibandingkan Manchester United (215 juta pounds), Chelsea (193 juta pounds), dan Arsenal (166,4 juta pounds).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7682 seconds (0.1#10.140)