Liga Inggris: Sengit di Atas Panas di Bawah

Senin, 30 Maret 2015 - 16:45 WIB
Liga Inggris: Sengit di Atas Panas di Bawah
Liga Inggris: Sengit di Atas Panas di Bawah
A A A
INGGRIS - Persaingan sengit tidak hanya terjadi di papan atas Liga Inggris melainkan juga di papan bawah. Para klub yang perolehan poinnya belum aman, saling sikut agar tidak terdegradasi ke Divisi Championship pada musim depan.

Di papan atas, Chelsea, Manchester City, Arsenal, Manchester United, dan bahkan Liverpool masih berpeluang untuk menggondol gelar juara Liga Inggris musim ini. Sejauh ini, persaingan masih dipimpin oleh Chelsea yang berada di puncak klasemen sementara.

Kendati demikian, ketatnya perolehan poin di antara kelima tim itu membuat posisi The Blues masih bisa digoyang oleh keempat tim lainnya. Pelatih Chelsea, Jose Mourinho juga belum mau sesumbar timnya bakal menggondol trofi juara musim ini.

Beralih ke persaingan zona degradasi, ada Leicester City, Queens Park Rangers (QPR), dan Burnley yang masih berada di peringkat tiga terbawah. Masing-masing dari mereka hanya tinggal menyisakan delapan hingga sembilan pertandingan lagi untuk musim ini.

Ketiga klub itu minimal harus memeroleh poin 37 jika ingin selamat. Hal ini mengacu pada rataan poin yang harus diperoleh jika ingin selamat dari zona degradasi di tiap musim Liga Inggris sejak 1995.

Leicester saat ini berada di posisi paling buncit dengan poin 19. Namun melihat pada laga sisa yang masih harus dijalani, Leicester punya peluang cukup untuk lolos. Pasalnya hanya ada Chelsea yang kemungkinan besar bakal sulit mereka kalahkan.

Di sisi lain, dua laga berpotensi kekalahan bisa jadi bakal ditelan Burnley. Hal itu mengingat mereka harus bertemu Tottenham Hotspur dan Arsenal di dua dari delapan laga sisa mereka musim ini.

Chelsea, Liverpool dan Manchester City menjadi lawan yang harus dihadapi QPR di antara delapan laga sisa. Berkaca pada hal tersebut, mau tidak mau, tim asuhan Chris Ramsey ini harus bertarung habis-habisan jika ingin berkiprah di Liga Inggris lagi musim depan.

Melihat fakta sejarah, satu dari tiga klub itu bakal selamat. Satu-satunya kejadian tiga klub promosi kembali terdegradasi terjadi pada musim 1997/98. Saat itu Barnsley, Bolton Wanderers, dan Crystal Palace kembali turun ke Divisi Championship setelah baru saja promosi ke Liga Inggris.

Tabel klasemen Liga Inggris pekan ke 29/30
Sumber: Soccerway

Liga Inggris: Sengit di Atas Panas di Bawah
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0801 seconds (0.1#10.140)