Di Jalur Lima Runner up Terbaik, Garuda Muda Berpeluang Besar

Selasa, 31 Maret 2015 - 09:00 WIB
Di Jalur Lima Runner up Terbaik, Garuda Muda Berpeluang Besar
Di Jalur Lima Runner up Terbaik, Garuda Muda Berpeluang Besar
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10 tim dengan status pemuncak klasemen dari total 10 grup di babak kualifikasi Piala AFC U-23, akan langsung melenggang menemani Qatar sebagai tuan rumah putaran fina Piala AFC U-23 2016. Sementara lima slot tersisa, akan diperebutkan oleh lima runner up terbaik dari 10 grup yang bertarung.

Hitung-hitungan tim yang menembus lima besar runner up terbaik dari masing-masing berbeda. Untuk Grup A sampai C yang ditempati oleh lima kontestan, hasil pertandingan dengan tim yang duduk di posisi buncit dihapus baik poin dan agregat gol. Peraturan itu diambil, mangingat jumlah kontestan dari Grup D sampai J hanya ditempati oleh empat tim.

Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia yang kini duduk di posisi runner up Grup H dengan koleksi enam poin, memiliki kans besar sebagai salah satu tim yang lolos ke putaran final dengan status lima runner up terbaik. Pasalnya, Manahati Lestusen dkk saat ini duduk sebagai tim terbaik dari lima tim yang berpeluang lolos dengan tiket tersebut.

Sebetulnya, peluang skuat Garuda Muda, julukan Timnas U-23, dengan empat tim yang sama-sama mempunyai kans lolos memakai jalur lima runner up terbaik memiliki jumlah poin yang sama yaitu enam. Tapi akhirnya yang membedakan posisi antara satu dengan lainnya adalah agregat gol mereka.

Timnas U-23 misalnya, sejauh ini sukses memimpin kans lima tim yang lolos lewat jalur lima tim terbaik berhasil mencatatkan plus tujuh. Yaitu dengan artian, sukses memasukan tujuh gol tapi belum sekalipun dibobol dua tim pesaingnya yang sudah dihadapi Garuda Muda di Grup H, yaitu Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Di posisi kedua dan tiga, ada Yaman dan Uzbekistan yang jadi runner up Grup D dan E dengan catatan plus enam. Yaman sukses menempatkan dirinya di posisi kedua, karena mampu mencetak gol lebih banyak dari Uzbekistan yaitu memasukan tujuh gol kemasukan satu gol. Adapun Uzbekistan, memasukan enam gol tapi belum kemasukan.

Sementara itu diperingkat empat dan lima, dua tim asal Asia Tenggara yaitu Thailand dan Myanmar berpeluang lolos dengan masing-masing memiliki agregat gol plus lima dan plus empat. Adapun tiga tim terdekat yang terus mengintip peluang masuk ke lima besar runner up terbaik ada Laos, Oman, dan Arab Saudi yang sama-sama baru mengoleksi empat poin.

Semua perputaran peringkat di atas memang masih rentan berubah drastis, karena masing-masing tim rata-rata masih memiliki satu laga sisa. Termasuk timnas U-23 yang akan bertemu Korea Selatan (Korsel), sore nanti, yang berstatus pemuncak klasemen sementara Grup H Kualifikasi Piala AFC U-23.

“Selain fokus dan tampil kerja keras pada pertandingan terakhir (kontra Korsel), kami juga harus melihat bagaimana hitung-hitungan hasil pertandingan di grup yang lain. Itu penting, karena kami saat ini masih ada di posisi runner up Grup H,” ungkap Aji Santoso, disela-sela latihan ringan timnas U-22 di hotel tempat tim menginap.

Klasemen Sementara Perebutan Lima Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala AFC U-23 :
Peringkat
1. Indonesia (Runner up Grup H)
Main : 2
Menang : 2
Memasukan : 7 gol
Kemasukan : -
Agregat : +7
Poin : 6

2. Yaman (Runner up Grup D)
Main : 2
Menang : 2
Memasukan : 7 gol
Kemasukan : 1 gol
Agregat : +6
Poin : 6

3. Uzbekistan (Runner up Grup E)
Main : 2
Menang : 2
Memasukan : 6 gol
Kemasukan : -
Agregat : +6
Poin : 6

4. Thailand (Runner up Grup G)
Main : 2
Menang : 2
Memasukan : 7 gol
Kemasukan : 2 gol
Agregat : +5
Poin : 6

5. Myanmar
Main : 2
Menang : 2
Memasukan : 5 gol
Kemasukan : 1 gol
Agregat : +4
Poin : 6
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0357 seconds (0.1#10.140)