Banyak Peluang Terbuang, Indonesia Taklukkan Myanmar

Senin, 30 Maret 2015 - 19:01 WIB
Banyak Peluang Terbuang, Indonesia Taklukkan Myanmar
Banyak Peluang Terbuang, Indonesia Taklukkan Myanmar
A A A
SIDOARJO - Indonesia menang tipis 2-1 atas Myanmar dalam laga ujicoba di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (30/3) WIB. Kemenangan ini menjadi yang pertama dalam dua laga ujicoba terakhir setelah timnas sebelumnya ditaklukkan Kamerun 0-1.

Laga ini merupakan debut bagi Bio Paulin Pierre setelah yang bersangkutan mengikrarkan diri sebagai Warga Negara Indonesia. Bio langsung dipasang sejak menit awal oleh pelatih Benny Dollo untuk berduet dengan Victor Igbonefo di jantung pertahanan.

Di awal babak pertama, Myanmar menghentak lebih dulu. Melihat gelagat lawan, Indonesia pun coba segera mengambil inisiatif untuk menguasai bola.

Tim Garuda senior memaksimalkan serangan lewat sayap kanan yang dihuni Bayu Gatra. Beberapa peluang tercipta antara lain lewat sepakan Zulham Zamrun dan Ferndinand Sinaga.

Namun demikian, hingga pertengahan babak pertama, Indonesia belum juga menemukan gol. Koordinasi serangan dan organisasi permainan yang belum baik membuat serangan-serangan Indonesia masih buntu.

Menit 39 Indonesia harus kehilangan Boaz Solossa yang cedera usai berbenturan dengan pemain Myanmar. Christian Gonzalez masuk menggantikan Boaz dan ban kapten pun berpindah ke Victor Igbonefo.

Babak pertama berakhir dengan skor kacamata setelah Indonesia gagal memaksimalkan peluang. Pun begitu dengan Myanmar yang serangan baliknya sesekali mengancam gawang Indonesia.

Di awal babak kedua, Myanmar mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Namun peluang pertama lebih dulu didapatkan Indonesia setelah sepakan Ferdinand Sinaga belum mampu menemui sasaran.

Tidak kunjung menemukan gol pelatih Benny Dollo memutuskan mengganti strategi dengan memasukkan I Gede Sukadana menggantikan Hariono. Strategi ini hampir saja membuahkan hasil namun tendangan Sukadana masih membentur mistar.

Usaha Indonesia menemukan hasil ketika sontekan Zulham Zamrun berubah arah setelah mengenai kaki Raphael Maitimo. Indonesia memimpin 1-0.

Myanmar di babak kedua bukan tanpa peluang. Lemahnya koordinasi di lini belakang Indonesia beberapa kali hampir dimaksimalkan dengan baik oleh Myanmar.

Indonesia menambah keunggulan setelah pemain Myanmar melakukan kesalahan. Alih-alih membuang bola, pemain Myanmar justru menggiring bola di kotak penalti sendiri, bola yang lepas dari kontrol akhirnya ditendang keras oleh Christian Gonzalez.

Terlalu asik menyerang menjadi bumerang bagi tim Indonesia. Myanmar akhirnya sukses menciptakan gol lewat David Htan. Myanmar memperkecil ketinggalan 2-1.

Tidak ada skor tambahan yang terjadi di dua menit tambahan waktu. Indonesia menang 2-1 atas Myanmar.

Susunan pemain:


Indonesia: Made; Farizi, Igbonefo, Bio Paulin (Ahmad Juffrianto 87'), Kipuw; Maitimo (Rizky Pellu 76'), Hariono (Sukadana 57'), Bayu Gatra (Tantan 68'); Zulham, Boas (Gonzalez 40'), Ferdinand (Kim Jeffrey 83').

Myanmar:
Hrual; Lwing, Aung Zaw, Min Htut, Win Aung, David Htan, Aung Kyaw, Kyaw Chit, Kyi Lin, Min Tun, Ko Ko.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)