Siapa Bilang van Gaal Orangnya Kaku, Nih Buktinya ?

Selasa, 31 Maret 2015 - 12:09 WIB
Siapa Bilang van Gaal Orangnya Kaku, Nih Buktinya ?
Siapa Bilang van Gaal Orangnya Kaku, Nih Buktinya ?
A A A
MANCHESTER - Selama ini pelatih Manchester United, Louis van Gaal dikenal sebagai sosok yang dingin dan kaku. Gaya kepemimpinannya sebagai pelatih dianggap otoriter. Namun nyatanya, hal tersebut berbanding terbalik dengan keseharian pelatih asal Belanda itu.

Van Gaal sendiri ternyata merupakan sosok yang penuh kehangatan. Ia juga merupakan sosok suami dan bapak yang selalu dekat dengan keluarga. Hal tersebut terungkap dalam sebuah rekaman film dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan Van Gaal di luar dan di dalam lapangan.

Dilansir Daily, Selasa (31/3/2015) film dokumenter yang berdurasi 90 menit itu berjudul Louis van Gaal: My Life, My Philosophy, film itu ditayangkan oleh stasiun televisi klub raksasa Liga Inggris, MUTV.

Di film tersebut menceritakan kehidupan van Gaal semasa bermain sepak bola pada waktu ramaja sebagai anak bungsu dari sembilan bersaudara di seputar Kota Amsterdam, Belanda. Hingga membahas karirnya kini sebagai pelatih dari sebuah tim yang bermarkas di Theatre of Dreams, Old Trafford, Manchester.

Selain menceritakan soal kehidupan sang pelatih, di film tersebut juga terdapat beberapa komentar dari para pemain yang pernah merasakan tangan dinginnya, seperti Wayne Rooney, Robin van Persie dan gelandang veteran Barcelona, Andres Iniesta.

Dalam film ini, para pecinta sepak bola bisa melihat van Gaal yang galak saat memimpin timnya bertanding, tapi di sisi lain terlihat sosoknya yang tampak ceria saat menghabiskan waktu dengan istri tercinta. Di film tersebut terungkap juga kalau sosok van Gaal yang kerap terlihat serius rupanya orang yang sangat santai. “Saya orangnya fleksibel dan istri tahu mengenai hal itu,”ungkap Van Gaal.

Sebelum melatih United, van Gaal telah lebih dulu sukses sebagai pemain sepak bola. Ia juga berhasil menjalankan peran sebagai pelatih sejumlah klub elit Eropa seperti, Ajax Amsterdam, Barcelona dan Bayern Mauenchen.

Di film ini juga kita dapat mengetahui perjuangan seorang van Gaal yang kala itu ditinggal oleh istri tercinta akibat penyakit kanker. Istri pertama Van Gaal yang bernama Fernanda Obbes, meninggal akibat kanker hati dan pankreas.

Diakui sang pelatih, itu merupakan masa tersulitnya. Pasalnya, Ketika itu, Van Gaal baru merintis karier sebagai pelatih kepala di klub terbesar Belanda, Ajax Amsterdam, ia pun juga harus mengurusi dua puterinya yang kala itu masih berusia 15 dan 18 tahun.

Van Gaal pun mengakhiri masa duda sejak 8 Agustus 2008. Kala itu bertepatan dengan hari ulang tahunnya, Van Gaal menikahi Truus yang kini menjadi pendamping hidupnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7250 seconds (0.1#10.140)