AS Kecolongan, Hacker Rusia Bobol Komputer Pentagon

Jum'at, 24 April 2015 - 15:21 WIB
AS Kecolongan, Hacker Rusia Bobol Komputer Pentagon
AS Kecolongan, Hacker Rusia Bobol Komputer Pentagon
A A A
CALIFORNIA - Amerika Serikat (AS) kecolongan oleh ulah hacker Rusia berhasil membobol atau mengakses jaringan komputer Pentagon pada awal 2015. Insiden itu diakui Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter.

”Kami dengan cepat mengidentifikasi dan memiliki tim untuk memburu para penyusup dalam waktu 24 jam,” kata Carter dalam pidatonya tentang teknologi dan cybersecurity di Stanford University di California.

”Awal tahun ini, sensor yang menjaga jaringan unclassified Departemen Pertahanan mendeteksi hacker Rusia mengakses salah satu dari jaringan kami,” kata Carter, seperti dilansir Fox News, Jumat (24/4/2015).

“Pentagon menganalisis aktivitas jaringan (hacker) yang terkait dengan Rusia, dan kemudian dengan cepat menendang mereka dari jaringan,” lanjut kepala Pentagon tersebut.

Aksi hacker Rusia yang mengakses jaringan Komputer Pentagon itu sejatinya secara tersirat pernah diungkap Kepala Badan Keamanan Nasional (NSA) Michael Rogers pada Maret 2015 lalu. Namun, Rogers tidak menyebut asal hacker itu melainkan serangan cyber itu terkait krisis Crimea dan Ukraina timur.

”Saya melihat Rusia jauh lebih aktif di arena maya dengan cara yang jauh lebih terlihat,” kata Rogers. Pemerintah Rusia belum merespons tuduhan serangan cyber yang dituduhkan Pentagon itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3059 seconds (0.1#10.140)