Foto Satelit Isyaratkan Angka Kematian Covid-19 di China Tinggi

Jum'at, 13 Januari 2023 - 07:37 WIB
loading...
Foto Satelit Isyaratkan Angka Kematian Covid-19 di China Tinggi
Foto satelit isyaratkan angka kematian Covid-19 di China tinggi. Foto/Yahoo
A A A
BEIJING - Fotosatelit yang diambil di beberapa kota di China menunjukkan aktivitas yang meningkat di luar krematorium dan rumah duka. Ini tampaknya bertentangan dengan angka kematian resmi Covid-19 yang rendah di negara itu dan menggambarkan seberapa parah wabah di negara terpadat di dunia itu.

China telah melaporkan kurang dari 40 kematian terkait Covid-19 sejak 7 Desember, ketika para pejabat tiba-tiba mencabut pembatasan "nol-Covid" yang sebagian besar telah melindungi 1,4 miliar orang China dari virus selama tiga tahun terakhir, tetapi memicu protes luas yang jarang terjadi.

Namun gambar yang diambil oleh perusahaan teknologi luar angkasa Maxar menawarkan wawasan lain tentang situasi saat ini. Peningkatan lalu lintas pejalan kaki di krematorium dan rumah duka pada musim dingin ini dapat dilihat, dibandingkan dengan foto-foto dari periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya.

Dilansir dari Time, Jumat (13/1/2023), jepretan dari Rumah Duka Distrik Tongzhou di ibu kota Beijing menunjukkan pembuatan tempat parkir baru pada 24 Desember 2022, di mana lusinan kendaraan diabadikan. Slot tidak ada dalam snapshot yang diambil kurang dari tiga minggu sebelumnya.

Di provinsi Jiangsu timur, puluhan kendaraan terlihat antri di luar dan diparkir di samping kompleks Rumah Duka Nanjing, berdasarkan snapshot 3 Januari. Kendaraan tidak tertangkap dalam gambar sebelumnya yang diambil pada 9 November 2022.



Di Chengdu, Provinsi Sichuan, citra satelit menunjukkan banyak kendaraan, termasuk kendaraan berwarna putih yang menyerupai mobil van yang biasa digunakan sebagai mobil jenazah, mengelilingi Rumah Duka Donglin. Foto area yang diambil setahun sebelumnya pada 18 Desember 2021, hampir tidak menunjukkan kendaraan apa pun di area tersebut.

Pakar China dan profesor emeritus di Hong Kong Baptist University, Jean-Pierre Cabestan kepada Time mengatakan, citra satelit “menunjukkan bahwa jumlah kematian jauh lebih tinggi daripada yang dikatakan pihak berwenang.”

China belum memperbarui laporan harian Covid-19 selama tiga hari, perubahan praktik yang tiba-tiba, menimbulkan keraguan atas transparansi negara tersebut pada situasi kesehatan masyarakat.

Menurut surat kabar China Daily yang dikelola pemerintah, pejabat kesehatan senior China pada hari Rabu mengklaim masih terlalu dini untuk penghitungan kematian dan infeksi Covid-19 yang akurat. China juga hanya menghitung kematian akibat pneumonia dan gagal napas sebagai kematian terkait Covid, sementara pemerintah lain menggunakan metrik yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)