Tim Sembilan Sarankan Menpora Bentuk Penyidik Khusus Tanpa Pistol

Rabu, 06 Mei 2015 - 17:39 WIB
Tim Sembilan Sarankan Menpora Bentuk Penyidik Khusus Tanpa Pistol
Tim Sembilan Sarankan Menpora Bentuk Penyidik Khusus Tanpa Pistol
A A A
JAKARTA - Tim Sembilan bentukan Menpora Imam Nahrawi menyatakan pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia ada wujudnya. Namun, Ketua Koordinator Tim Sembilan Oegroseno mengakui persoalan itu sulit tersentuh dan diberantas.

Meski demikian, Oegroseno mengklaim masalah tersebut bisa dibongkar dan diungkap. Caranya? Dengan adanya penyidik-penyidik khusus. Tim Sembilan telah merekomendasikan agar Menpora menyiapkan penyidik-penyidik khusus yang tidak perlu membawa senjata atau bukan dari kepolisian, tapi bekerja profesional membongkar kasus tersebut.

"Saya tegaskan jika hal-hal tersebut ada (pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia). Tapi, sekali lagi memang tidak bisa disentuh," papar Oegroseno. "Untuk mendapat kepastiannya, ke depan kami menyarankan kepada Menpora untuk menyiapkan penyidik-penyidik khusus yang tidak perlu membawa pistol. Atau dalam artian tidak dulu berasal dari pihak kepolisian," imbuhnya.

Komentar lain soal pencarian jaringan pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia disampaikan Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Dewa Broto pada waktu yang sama.

Menurutnya, hasil soal penyelidikan terkait pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia memang tidak disampaikan secara langsung kepada media. Akan tetapi hal itu sudah disampaikan ke Menpora. Tim Sembilan telah menghasilkan sembilan rekomendasi sebagai masukan untuk Menpora sebelum dibubarkan, Rabu (6/5/2015). (Baca juga: Telurkan 9 Rekomendasi, Menpora Bubarkan Tim Sembilan)

"Memang dalam siaran pers (rilis yang diterima awak media dalam jumpa pers Tim Sembilan) tidak diumbar begitu saja soal temuan Tim Sembilan terkait isu pengaturan skor dipersepakbolaan Indonesia. Tapi, kami sudah secara jelas menyampaikan kepada Menpora soal hal tersebut," terang Gatot.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4383 seconds (0.1#10.140)