Ini 10 Hal Tentang Guardiola yang (Mungkin) Belum Anda Ketahui

Rabu, 06 Mei 2015 - 20:30 WIB
Ini 10 Hal Tentang Guardiola yang (Mungkin) Belum Anda Ketahui
Ini 10 Hal Tentang Guardiola yang (Mungkin) Belum Anda Ketahui
A A A
MUNICH - Sosok Pelatih Bayern Muenchen Josep 'Pep' Guardiola selalu menarik dibahas. Tak hanya soal prestasinya yang spektakuler saat menjadi entrenador Barcelona, juga sisi lain kehidupannya sebagai manusia biasa.

Guardiola akan kembali ke Barcelona pertama kali sejak meinggalkan klub tersebut tahun 2012 untuk melakoni laga pertama semifinal Liga Champions 2014/2015 di Camp Nou, Rabu (6/5/2015) atau Kamis (7/5/2015) dini hari WIB.

Barcelona menjadi tim yang tak akan pernah dilupakan lelaki kelahiran Santpedor, Spanyol, 18 Januari 1971 itu. Betapa tidak. Dalam empat tahun (2008–2012) di Camp Nou sebagai pelatih, Guardiola meraih 14 trofi, termasuk sextuple (enam trofi) di tahun 2011. Dia tercatat sebagai pelatih tersukses di Barcelona. Setelah cuti panjang, dia memutuskan bergabung dengan Bayern pada 2013, dan meraih empat trofi di tahun pertamanya bersama klub Bavaria tersebut.

Itu fakta prestasi Guardiola, tapi ada hal lain yang menarik soal sisi lain dari kehidupan mantan gelandang bertahan yang pernah membela Barcelona, Brescia, AS Roma, dan Al-Ahli itu. Berikut 10 hal yang mungkin belum Anda ketahui soal Guardiola seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ketika Barcelona mencapai final Piala Eropa (Liga Champions) 1986 seusai mengalahkan Gothenburg dalam adu penalti, saat itu Guardiola menjadi ball-boy berusia 15 tahun. Ada momen menarik saat dia bertugas menjadi ball-boy. Guardiola pernah ditolak Michel Platini ketika dia meminta tanda tangan di poster yang menghiasi dinding kamar Guardiola.

2. Guardiola adalah seorang pencinta seni dan menghabiskan sebagian besar masa cutinya -setelah meninggalkan Barcelona- di New York di sekitar Galeri Big Apple.

3. Guardiola menjadi berita utama baru-baru ini, terkait dengan pakaian yang dikenakannnya. Pertama, T-shirt yang dikenakannya dalam konferensi pers pra-pertandingan menjelang laga kedua perempat final Liga Champions melawan Porto. Dia memakai kaus bertuliskan #JusticiaParaTopo, kampanye untuk keadilan seputar kematian seorang wartawan Argentina yang bekerja di Radio La Red, Jorge 'Topo' Lopez yang meninggal akibat kecelakaan mobil di Piala Dunia 2014. Kedua, Guardiola hanya sebentar merayakan kemenangan Bayern atas FC Porto, lantaran celananya sobek.

4. Berbicara tentang pakaian, hubungan Guardiola dengan istrinya saat ini, Cristina Serra, tumbuh di sekitar toko pakaian keluarga di Manresa, timur laut Spanyol.

5. Guardiola penggemar olahraga golf. Bahkan dia pernah menghadiri undangan perayaan kemenangan tim Eropa yang dikapteni pegolf Spanyol Jose Maria Olazabal atas tim Amerika pada turnamen Ryder Cup 2012.

6. Selain berkarier di Eropa, Guardiola menghabiskan waktu di klub Qatar Al-Ahly (2003–2005), lalu bergabung dengan klub Meksiko Dorados de Sinaloa (2005-2006), sebelum pensiun.

7. Guardiola tidak meladeni wawancara satu per satu, hanya konferensi pers.

8. Guardiola berasal dari kota kecil Santpedor di Katalan, atau timur laut Spanyol. Untuk menghormati prestasi Guardiola, klub lokal CF Santpedor memberi nama stadion kandang dengan Camp Municipal Josep Guardiola.

9. Dewan Kota juga di beri nama Guardiola 'anak kesayangan Kota Santpedor' pada bulan Oktober 2009.

10. Saat menyiapkan diri tinggal di Jerman, Guardiola dikabarkan menghabiskan berjam-jam dengan seorang guru bahasa Jerman di New York.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6281 seconds (0.1#10.140)