alexametrics
KLASEMEN
Grup
TeamPlayPoin
URU39
RUS36
KSA33
EGY30
TeamPlayPoin
ESP35
POR35
IRN34
MAR3-3
TeamPlayPoin
PRC37
DEN35
PER33
AUS31
TeamPlayPoin
CRO39
ARG34
NGA33
ISL31
TeamPlayPoin
BRA37
SUI35
SRB33
CRC31
TeamPlayPoin
SWE36
MEX36
KOR33
GER33
TeamPlayPoin
BEL39
ENG36
TUN33
PAN30
TeamPlayPoin
COL36
JPN34
SEN34
POL33
Photo
ONE Championship Qonquest of Heroes Digelar di Jakarta
Video
Jelang Laga Timnas U-16 Kontra Iran

Flea Market dan Panorama 360

Koran Sindo
loading...
Flea Market dan Panorama 360
MOSKOW - Piala Dunia 2018 sudah mendekati akhir. Nanti malam digelar perebutan tempat ketiga yang mempertemukan Belgia dengan Inggris di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, dan besok adalah puncak event yang dihelat sejak 14 Juni itu.

Di partai pamungkas, Kroasia menantang kampiun 1998 Prancis di Luzhniki Stadium, Moskow. Agenda yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Dunia, si empu hajat Piala Dunia, pun semakin minim. Para peliput mencari sumber berita lain, termasuk sisi travel serta halhal unik lainnya.

Salah satu yang diburu adalah pasar loak alias flea market dan pasar Ismailova (Izmailovo). Di pasar loak, baik wartawan atau suporter mencari barangbarang peninggalan Uni Soviet, mulai dari hal yang berbau militer seperti teropong, topi, mantel, hingga peralatan makan zaman Lenin dan juga pajangan rumah.

Sementara di Pasar Ismailova berbagai macam suvenir khas Negeri Paman Putin dijual. Matryoshka menjadi favorit. Harganya beragam mulai dari 200 rubel hingga ribuan, tergantung ukurannya. “Saya mencari pajangan telur. Ibu saya minta dibawakan itu satu set,” ujar Miguel, suporter Meksiko, yang masih bertahan di Moskow, kemarin.

Beberapa penjual Matryoshka bahkan bisa berbicara dalam bahasa Indonesia. “Apa kabar? Sini saja, murah-murah,” ujar seorang penjual. “Saya punya Matryoshka Jokowi dan Soekarno. Kapan Jokowi ke sini?” imbuhnya. Pasar Ismailova juga menjual barang-barang Piala Dunia mulai dari yang berlisensi hingga yang bukan. Jaket serta jersey juga ada.

Namun, hati-hati karena ada yang palsu. Selain flea market dan pasar Ismailova, salah satu tempat yang layak dikunjungi adalah Panorama 360 Moscow yang terletak di Federation East Tower, Moscow City Business Center, Presnenskaya, Moskow. Panorama 360 adalah observation desk tertinggi di Eropa.

Para pengunjung harus naik ke lantai 89 untuk menyaksikan pemandangan spektakuler Kota Moskow. Jika mengunjungi Panorama 360, lebih baik waktu malam hari atau saat hari sudah gelap. Untuk menikmati indahnya Kota Moskow di malam hari pengunjung wajib membayar 1.400 rubel, sedangkan untuk anak-anak 800 rubel.

Dengan membayar sejumlah itu, pengunjung juga mendapatkan satu foto, bisa menyaksikan pembangunan Kota Moskow dalam bentuk 3D, mendapatkan satu es krim atau kopi. Di sini juga ada restoran dan ada satu pojok dengan pemandangan amat indah yang kerap dipakai pria untuk melamar kekasihnya.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
PROFIL TIM
Hot Topic