Djanur Pertanyakan Siapa Wakil Indonesia di AFC Cup Musim Depan

Jum'at, 15 Mei 2015 - 16:17 WIB
Djanur Pertanyakan Siapa Wakil Indonesia di AFC Cup Musim Depan
Djanur Pertanyakan Siapa Wakil Indonesia di AFC Cup Musim Depan
A A A
BANDUNG - Terkait mengenai kompetisi Qatar National Bank (QNB) League 2015 yang rencananya akan digelar mulai September 2015 mendatang, pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman tidak mempersoalkan. Namun, ia mempertanyakan siapa tim yang berhak tampil di AFC Cup musim mendatang.

"Ya, itu yang saya belum tahu. Apa wakil Indonesia tidak ada, atau gimana. Karena kompetisinya baru berjalan. Kita juga tidak tahu," katanya Jumat (15/5/2015).

Seperti diberitakan, PT Liga Indonesia memutuskan beberapa putusan dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang telah digelar di Jakarta, 13 Mei lalu. Di antaranya, Kompetisi Liga Indonesia yang musim ini berganti jadi QNB League resmi ditiadakan meski sudah berjalan dua pekan. Hal serupa juga berlaku untuk kompetisi Divisi Utama, dan kompetisi lainnya.

Keputusan lainnya, yakni soal kompetisi musim 2015-2016 yang akan digulirkan mulai September 2015. Liga Indonesia musim depan akan dimulai pada September dan berakhir Mei 2016.

Terakhir, PT Liga dan para pemegang saham sepakat untuk menggelar turnamen pramusim yang akan dihelat Mei hingga September 2015. Turnamen tersebut digelar karena melihat pada tiga hal objektif, proteksi partnership klub dengan partner, pemanfaatan aset nasional. Hal itu sebagai upaya agar sepak bola tanah air tidak menganggur, dan para klub tidak sekadar mengeluarkan pembiayaan tapi pemasukan pendapatan berjalan.

Terkait format turnamen pramusim sendiri, bahwa ke-18 klub peserta QNB League 2015 nantinya akan dibagi ke dalam tiga grup yang berisikan enam klub. Selanjutnya, akan digelar pertandingan sistem roundrobin, dimana setiap klub di grup masing-masing akan memainkan pertandingan kandang tandang.

Sementara dua tim yang mengoleksi poin terkecil dari semua peserta akan dieliminasi. Selanjutnya, 16 klub tersisa akan maju ke fase knock-out yang juga akan menggunakan format kandang tandang.

Untuk membuat kompetisi berlangsung menarik, tiga tim yang dinilai punya skuad mumpuni seperti Persipura Jayapura, Arema Cronus, dan juara ISL musim lalu, Persib Bandung tidak akan ditempatkan ke dalam satu grup.

Untuk membuat kompetisi pramusim menjadi menarik dan serius, PT Liga juga menjanjikan bakal memberikan suntikan dana segar pada tiap-tiap klub peserta. Selain itu, juara di kompetisi di turnamen pramusim ini juga akan mendapat hadiah uang yang menggiurkan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4513 seconds (0.1#10.140)