7 Kota di Rusia dengan Populasi Terbanyak, Nomor Terakhir Punya Penduduk Muslim Terbesar

Senin, 08 Mei 2023 - 18:01 WIB
loading...
7 Kota di Rusia dengan Populasi Terbanyak, Nomor Terakhir Punya Penduduk Muslim Terbesar
Orang-orang berjalan melintasi Lapangan Merah dekat Katedral St Basil dan Menara Spasskaya Kremlin di Moskow tengah, Rusia, 21 September 2022. Foto/REUTERS/Evgenia Novozhenina
A A A
MOSKOW - Rusia merupakan negara lintas benua yang membentang dari Eropa Timur hingga Asia Utara. Melihat luas wilayahnya, negara ini adalah yang terbesar di dunia.

Saat ini, Rusia dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin. Memiliki ibu kota di Moskow, negara ini juga mempunyai banyak kota besar yang penuh dengan sejarah dan budaya.

Mengutip laporan Statista, Senin (8/5/2023), Rusia memiliki 145,6 juta orang yang tinggal di wilayahnya per 1 Januari 2022 mencapai.

Dari sekian wilayah atau kota di Rusia, beberapa di antaranya memiliki jumlah populasi terbanyak dari angka tersebut. Mana sajakah kotanya?

Kota di Rusia dengan Populasi Terbanyak

7. Chelyabinsk


Wilayah Chelyabinsk membentang di sepanjang Sungai Miass. Adapun letaknya sendiri tepat di sebelah timur Pegunungan Ural.

Tak sekadar menjadi kota industri yang penting di Rusia, wilayah ini juga memiliki banyak institusi pendidikan ternama. Per 1 Januari 2022, populasi Chelyabinsk diperkirakan mencapai 1,79 juta jiwa.

6. Nizhny Novgorod


Berikutnya ada Nizhny Novgorod. Melihat letaknya, kota ini berada di pertemuan sungai Oka dan Volga di Rusia Tengah.

Menjadi kota terbesar keenam di Rusia, tercatat ada sekitar 1,23 juta orang yang menjadi populasi Nizhny Novgorod.

5. Kazan


Kazan merupakan ibu kota dari Tatarstan. Selain itu, wilayah Rusia ini juga terkenal sebagai kota dengan keberagaman agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)