Pele Bakal Lelang Trofi Piala Dunia 1970

Selasa, 31 Mei 2016 - 13:44 WIB
Pele Bakal Lelang Trofi Piala Dunia 1970
Pele Bakal Lelang Trofi Piala Dunia 1970
A A A
SANTOS - Siapa yang tak mengenal Pele? Legenda sepak bola Brasil itu merupakan satu-satunya pemain yang mampu merasakan tiga kali jadi juara Piala Dunia. Setelah terakhir dikabarkan sedang menjalani perawatan sakit prostat, pria berusia 75 tahun itu kini ingin menjual sebagian memorabilianya, termasuk replika trofi Piala Dunia 1970.

Seperti dikutip BBC, Pele bakal melelang benda-benda semasa jayanya sebagai pesepak bola. Di antaranya adalah barang sepak bola yang unik, tiga medali Piala Dunia yang didapat tahun 1958, 1962, dan 1970. Dan satu lagi adalah replika trofi Jules Rimet tahun 1970, trofi Piala Dunia terakhir yang dimenanginya.

Tak cuma benda berbau sepak bola, paspor dan sim pribadi pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento juga akan dijual. Perusahaan lelang asal Beverly Hills, Juliens Auctions ditunjuk Pele untuk mengelolanya. Penjualan akan digelar pada Juni nanti atau bertepatan dengan enam dekade setelah Pele bergabung dengan tim Santos di usia 15 tahun.

Banyak anggapan bermunculan jika Pele sengaja menjual benda bersejarah miliknya karena untuk biaya pengobatan. Ya, sejak 2014 Pele menderita sakit prostat atau infeksi saluran kemihnya.

"Ada begitu banyak alasan, jelas ada beberapa barang pribadi yang tentunya cuma dia yang tahu alasannya," jelas ahli lelang olahraga Dan Nelles.

Pele sendiri menjelaskan, menjual barang kesayangannya adalah keputusan yang sulit. Dalam pernyataannya cukup tersirat jika Pele tak ingin benda-benda yang ia miliki jatuh ke tangan yang salah.

"Ini adalah keputusan yang sulit untuk dibuat, namun dibutuhkan banyak perhatian untuk merawat artefak ini. Saya merasa bisa melakukan lebih banyak lagi dengan berbagi barang-barang ini kepada dunia. Menjaga benda tersebut sangat penting bagi saya," ungkapnya.

Nelles mengatakan, lelang nanti diprediksi akan mengumpulkan uang sebesar GBP3,5 juta. Replika trofi Piala Dunia akan jadi item yang paling mahal yang bisa menyentuh harga sebesar GBP 281 ribu (Rp 5,6 miliar) hingga GBP 420 ribu (Rp 8,3 miliar). Untuk medali, diharapkan bisa terjual senilai GBP 141 ribu (Rp 2,8 miliar), sementara bola yang digunakan Pele saat mencetak gol ke-1000 diperkirakan bisa meraup uang sebesar GBP 28 ribu (Rp 559 juta) sampai GBP 42 ribu (Rp 839 juta).

Kesempatan ini juga akan menarik minat kolektor dari berbagai penjuru dunia. "Ada begitu banyak benda bersejarah Brasil dalam lelang ini seperti trofi Jules Rimet, medali Piala Dunia, atau sepatu sepak bola, yang berarti idealnya kami bisa mendapat tiga kali lipat dari perkiraan biasa, mungkin bisa 10 kali," katanya.

"Meskipun lelang di London, kami tidak hanya akan menjual ke pelanggan Inggris. Lelang akan disiarkan secara langsung di website kami untuk penawar luar negeri bisa ambil bagian," tambahnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4693 seconds (0.1#10.140)