Dituding Mempermalukan Juan Mata, Ini Pembelaan Jose Mourinho

Senin, 08 Agustus 2016 - 15:34 WIB
Dituding Mempermalukan Juan Mata, Ini Pembelaan Jose Mourinho
Dituding Mempermalukan Juan Mata, Ini Pembelaan Jose Mourinho
A A A
LONDON - Pelatih Manchester United Jose Mourinho membuat keputusan tak lazim saat membawa The Red Devils memenangi trofi Community Shield. Mourinho memasukkan Juan Mata, kemudian menariknya kembali jelang laga berakhir.

Mata masuk sebagai pemain pengganti saat United mengalahkan Leicester City 2-1 di Stadion Wembley, Minggu (7/8/2016). Mantan gelandang Chelsea itu menggantikan Jesse Lingard pada menit ke-63. Mourinho kemudian menariknya keluar dan digantikan Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-90. (Baca juga: Sihir Ibra Antar MU Juarai Community Shield 2016/2017).

Wajah Mata terlihat tidak senang atas pergantian tersebut. Bahkan ofisial United terlihat mendampingi Mata, dan coba menenangkan dirinya. Pakar sepak bola yang juga komentator tayangan BBC "Man of The Match" Danny Murphy menilai keputusan Mourinho tersebut sangat mempermalukan Mata, baik di depan fans maupun keluarga.

"Versi singkat saya soal sikap dia (Mourinho) adalah membiarkan pemain tahu dan membiarkan orang lain tahu bahwa Mourinho benar-benar tidak punya rencana lagi untuk Mata," kata Murphy di lansir BBC.

"Mourinho sudah mempermalukan Mata di depan fans, dia mempermalukan pemain di depan keluarga dan teman-temannya. Saya pikir, Mata berusaha berdamai dengan situasi itu, dan tetap di lapangan serta merayakan kemenangan. Dia melakukan hal yang benar, tapi saya pikir dia tidak akan lagi mengenakan kostum Manchester United pada akhir Agustus."

Namun, Mourinho membantah telah mempermalukan Mata. Menurutnya, keputusannya hanya masalah strategi. Mourinho menjelaskan, dia butuh pemain besar karena bermain bola panjang. Pergantian itu sekaligus untuk menghentikan permainan.

"Mata baik-baik saja, dia mengerti apa yang saya lakukan," katanya. "Saya harus menarik pemain terkecil karena kami mencoba bola panjang, dan dia pemain terkecil di lapangan."

"Aturan pertandingan memungkinkan enam pergantian, saya telah membuat lima pergantian dan saya ingin menghentikan permainan," tambah Mourinho yang menjual Mata ke United saat masih di Chelsea senilai 37,1 juta pounds pada Januari 2014.

"Saya pikir, Mata bermain sangat baik. Dia memberi saya apa yang saya butuhkan. Kami ingin menang, dan semua orang senang pada akhirnya."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8112 seconds (0.1#10.140)