alexa snippet

Hanya 4 dari 16 Pemain Inggris Sukses di Man City Era Konglomerat Arab

Hanya 4 dari 16 Pemain Inggris Sukses di Man City Era Konglomerat Arab
John Stones (kiri) bersama Raheem Sterling usai membela Manchester City kontra Sunderland (Reuters)
A+ A-
MANCHESTER - Tahukah Anda kalau John Stones merupakan pemain ke-16 asal Inggris yang pernah dibeli oleh Manchester City selama era baru mereka usai dibeli konglomerat Arab sejak 2008?

Ya, defender dengan nilai rekor transfer termahal Liga Primer Inggris (EPL), John Stones, bakal mengemban tugas tidak mudah ketika menerima pinangan Manchester City yang menebusnya seharga 47,5 juta Poundsterling dari Everton pada musim panas ini.

Pasalnya, para pemain Inggris yang pernah dibeli oleh The Citizens (julukan Manchester City), semenjak berganti kepemilikan pada 2008. Hanya ada segelintir saja yang terbilang tampil konsisten alias sebuah operasi transfer yang sukes.

Sportsmail pun melongok ke belakang lagi, para pemain asal Inggris yang pernah dibeli oleh tim Manchester Biru sejak berganti kepemilikan dari Thaksin Sinawatra ke Sheikh Mansour dari Abu Dhabi United Group.

Siapa sajakah yang menjadi hits dan sukses, lalu siapa pula yang misses atau gagal bersinar? Lantas bagaimanakan nasib John Stones nantinya?

Wayne Bridge: GAGAL
Didatangkan senilai 12 juta Poundsterling dari Chelsea pada 2009. Hengkang dengan status transfer gratis ke Reading pada 2013. Fullback kiri ini kebanyakan dipinjamkan oleh City selama empat tahun di dalam klub. Walau gajinya 90 ribu Poundsterling per pekan, West Ham, Sunderland dan Brighton pernah meminjamnya dari City. Dan dia sudah tak bermain lagi untuk The Citizens sejak Roberto Mancini mengantar klub menjuarai EPL 2011.

Gareth Barry: SUKSES
Didatangkan seharga 12 juta Poundsterling dari Aston Villa pada 2009. Dia pergi pada 2014 ke Everton berstatus bebas transfer. Dia dapat poin atas profesionalitas baru di ruang ganti.

Stuart Taylor: GAGAL
Kiper cadangan Joe Hart dan Shay Given ini didatangkan dari Aston Villa pada 2009 tanpa biaya dan hengkang dengan status serupa ke Reading pada 2012. Selama tiga musim berkostum City, dia hanya bermain sekali, yakni di laga Piala FA kontra Scunthorpe. Dia meninggalkan Reading pada 2015 lalu pensiun.

Joleon Lescott: SUKSES
Didatangkan dari Everton pada 2009 senilai 22 juta Poundsterling, lalu pergi ke West Bromwich Albion pada 2014 dengan bebas transfer. Dia jadi bagian skuat The Citizens yang sukses dua kali menjuarai EPL dalam tiga musim, pun dengan Piala FA serta Piala Liga Inggris.

Adam Johnson: GAGAL
Didatangkan dari Middlesbrough pada 2010 seharga 7 juta Poundsterling, dia meninggalkan Etihad Stadium ke Sunderland pada 2014 dengan mahar 10 juta Poundsterling. Banyak yang bilang, walau dia berstatus pembelian termahal klub pada bursa transfer Januari 2010. Tapi klub membelinya dalam rangka menggenapi batas minimal kuota pemain Inggris di klub peserta EPL.

Alex Hensall: GAGAL
Didatangkan pada 2010 dari Swindon dengan mahar 250 ribu Poundsterling. Alex meninggalkan City ke Ipswich pada 2014 dengan bebas transfer. Dia diprediksi bakal jadi bintang masa depan Inggris saat bergabung dengan City pada usia 16 tahun. Tapi dia sama sekali tidak pernah bermain di tim utama The Citizens. Sekaligus membuatnya dipinjamkan ke Chesterfield, Bristol Rovers dan Ipswich. Kini dia bermain di Liga Skotlandia bersama Kilmarnock.

James Milner: SUKSES
Didatangkan dari Aston Villa pada 2010 seharga 26 juta Poundsterling. Dia pindah ke Liverpool pada 2015 berstatus bebas transfer. Diyakini sebagai gelandang tengah terbaik Inggris sejak 2008. Tapi dia pernah frustasi gara-gara dua kali menjadi pemain cadangan tak bermain pada momen besar klub. Yakni ketika mengalahkan Queens Park Rangers di saat menjuarai EPL dan kala mengalahkan Sunderland di final Piala Liga Inggris.

Owen Hargreaves: GAGAL
Didatangkan tanpa biaya dari rival sekota, Manchester United, pada 2011. Dia meninggalkan klub pada 2012 dan pensiun pada 2013. Kesulitannya gara-gara mendapat cedera lutut sekaligus menyebabkannya cuma tampil empat kali buat The Citizens musim 2011/12.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top