Preview Indonesia vs Malaysia: Gapai Harapan Baru dari Musuh Lama

Selasa, 06 September 2016 - 09:00 WIB
Preview Indonesia vs Malaysia: Gapai Harapan Baru dari Musuh Lama
Preview Indonesia vs Malaysia: Gapai Harapan Baru dari Musuh Lama
A A A
SOLO - Bangkit. Satu kata tersebut layak disematkan di dada penggawa Timnas Indonesia yang akan bertanding melawan Timnas Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Laga internasional pertama skuat Garuda pasca-terbebas dari sanksi FIFA sudah sepatutnya jadi momentum kebangkitan sepak bola tanah air.

Timnas Indonesia akan menghadapi seteru abadinya, Malaysia, dalam laga uji coba persiapan Piala AFF 2016. Meski cuma pertandingan pemanasan, banyak makna yang terkandung di dalamnya.

Laga ini menandai Timnas Indonesia benar-benar terbebas dari sanksi FIFA setelah dibekukan lebih setahun lamanya. Laga nanti kian terasa spesial mengingat lawan pertamanya Indonesia adalah Malaysia.

Indonesia yang kini kembali diasuh Alfred Riedl, setidaknya punya catatan manis dari segi rekor pertemuan. Dari 10 bentrokan terakhir, skuat Merah Putih bisa menang empat kali, kalah tiga kali, dan sisanya imbang. Kabar bagusnya, tiga kemenangan didapat dalam lima pertandingan terakhir.

Banyak faktor yang menguntungkan Indonesia dalam laga nanti. Terlepas dari statistik di atas, 'wajah baru' Indonesia yang kini lebih banyak diisi pemain muda jelas menyegarkan penampilan.

Sebanyak 22 pemain dipanggil Riedl. Ada jebolan Timnas U-19 Hansamu Yama Pranata dan Evan Dimas Darmono hingga pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri seperti Irfan Irfan Haarys Bachdim (Consadole Sapporo) dan Andik Vermansyah (Selangor FA Malaysia), bakal tampil dalam laga nanti.

Peluang Indonesia kian besar setelah beberapa pemain Malaysia terkapar cedera. Bek kiri Perak FC Nazirul Naim mengalami cedera hamstring, menyusul gelandang Brendan Gan Seng Ling dan striker Hazwan Bakri yang masih dalam proses pemulihan cedera. Pelatih Malaysia Ong Kim Swee pun mau tak mau bakal merotasi skuatnya.

Jelas, Indonesia punya start yang mantap untuk kembali berharap bisa merajai sepak bola Asia Tenggara. Meski laga bertajuk uji coba, kemenangan atas musuh lama sudah tentu mendongkrak motivasi Garuda Senior berlaga di Piala AFF 19 November - 17 Desember mendatang.

Prediksi Susunan Pemain
Indonesia:
Andrytany, Abduh, Basna, Dedi, Benny, Evan, Septian, Ichwan, Andik, Boaz, Irfan.

Malaysia:
Khairul Fahmi, Azrif Nasrulhaq, Ronny, Mohd Fadhli, Matthew Davies, Veenood, Mohamad Irfan, Khair Muhammad, Mohd Zaquan Adha, Ahmad Hazwan, Muhammad Fakhrul Aiman
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6075 seconds (0.1#10.140)