Letusan Gunung Api Menimbulkan Efek Pendinginan Permukaan Bumi

Minggu, 25 Juni 2023 - 16:09 WIB
loading...
Letusan Gunung Api Menimbulkan Efek Pendinginan Permukaan Bumi
Ilustrasi gunung berapi meletus. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Letusan gunung api dengan skala dua hingga empat, dapat menimbulkan efek pendinginan pada suhu permukaan bumi. Hal ini dinilai dapat mengimbangi naiknya suhu global akibat ulah manusia.

May Chim, peneliti dari Yusuf Hamied Department of Chemistry mengatakan, meski demikian efeknya tidak subtansial untuk mengimbangi kenaikan suhu global yang dipicu oleh tindakan manusia.

Dipimpin oleh University of Cambridge, tim peneliti mengusulkan, bahwa letusan dengan besarnya lebih kecil dapat bertanggung jawab hingga setengah dari semua gas belerang yang dilepaskan gunung berapi ke atmosfer atas.


Hasilnya, seperti yang dilaporkan dalam jurnal Surat Penelitian Geofisika, menunjukkan meningkatkan representasi letusan gunung berapi dari semua besaran pada gilirannya akan membuat proyeksi iklim lebih kuat.

"Ketika gunung berapi meletus, bukanlah sesuatu yang dapat dikendalikan manusia. Tetapi gunung berapi memang memainkan peran penting dalam sistem iklim global," katanya, dikutip dari Scitech Daily, Minggu (25/6/2023).

Dilanjutkan dia, gunung berapi yang meletus dapat memuntahkan gas belerang ke atmosfer atas yang membentuk partikel kecil yang disebut aerosol yang memantulkan sinar matahari kembali ke luar angkasa.

Untuk letusan yang sangat besar, seperti Gunung Pinatubo pada tahun 1991, volume aerosol vulkanik sangat besar, sehingga ia sendirian menyebabkan suhu global turun.



"Proyeksi ini sebagian besar bergantung pada inti es untuk memperkirakan bagaimana gunung berapi dapat mempengaruhi iklim, tetapi letusan yang lebih kecil terlalu kecil untuk dideteksi dalam catatan inti es," tambahnya.

Menggunakan catatan es dan satelit terbaru, Chim dan rekan-rekannya dari University of Exeter, Pusat Aerospace Jerman (DLR), Ludwig-Maximilians University of Munich, Durham University, dan Inggris bertemu, menghasilkan 1.000 skenario yang berbeda dari aktivitas gunung berapi di masa depan.

Mereka memilih skenario yang mewakili tingkat aktivitas vulkanik yang lebih rendah, median, dan tinggi, dan kemudian melakukan simulasi iklim menggunakan model sistem bumi Inggris.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)