Bikin Bangga, Siswa Indonesia Raih 3 Medali di Olimpiade Fisika Dunia

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:50 WIB
loading...
Bikin Bangga, Siswa Indonesia Raih 3 Medali di Olimpiade Fisika Dunia
5 siswa Indonesia berhasil meraih dua medali perak, satu perunggu, dan dua Honourable Mentions di IPhO ke-53 di Tokyo. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Siswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kompetisi sains internasional. Kali ini di International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Tokyo, Jepang. Sebanyak lima siswa berhasil meraih dua medali perak, satu perunggu, dan dua Honourable Mentions di olimpiade fisika ini.

Sebelumnya pada Olimpiade Biologi di Uni Emirat Arab siswa Indonesia meraih dua perak dan dua perunggu. Sedangkan di Olimpiade Matematika di Jepang siswa Indonesia merebut satu perak, tiga perunggu, dan 2 honourable mention.

Pada Olimpiade Fisika Internasional ke-53 yang berlangsung di Tokyo, Jepang dua medali perak, satu perunggu, dan dua Honourable Mentions berhasil diraih para pelajar yang membanggakan ini.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Indonesia 2023 Versi LTMPT, Ada Sekolahmu?

Lima siswa yang menorehkan prestasi di ajang IPhO yaitu Savero Lukianto Chandra (SMA Fransiskus Kota Bandar Lampung) dan Fansen Candra Funata (SMA Darma Yudha Pekanbaru) meraih medali perak. Medali perunggu diraih oleh Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh).

Sedangkan Honourable Mentions diraih oleh Muhammad Zaidan Naja (MAN 2 Kota Malang) dan Ahmad Nafi Ramadhan (SMA Al Kahfi Kabupaten Bogor).

Para siswa di ajang IPhO turut didampingi oleh Tim Pembina yaitu Syamsu Rosid dari Universitas Indonesia (FMIPA UI); Rinto Anugraha NQZ dari Universitas Gadjah Mada (UGM); dan Bobby Eka Gunara dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Syamsu Rosid, selaku Pembina IPhO mengungkapkan bahwa pelaksanaan IPhO kali ini berjalan lancar dan kondusif sehingga peserta dari seluruh dunia dapat berkumpul setelah berpisah selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Ini Sebaran Pondok Pesantren di Indonesia, Tertarik Jadi Santri?

“Pada pelaksanaan, Alhamdulillah anak-anak kita jauh lebih baik di Tes Teori. Kami atas nama Tim Indonesia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kemendikbudristek dan seluruh masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan di IPhO tahun depan di Teheran, Iran kita bisa mempersiapkan anak-anak jauh lebih baik lagi,” ucapnya, melalui siaran pers, Kamis (20/7/2023).

Tim Indonesia di ajang IPhO tahun ini bersaing dengan 394 peserta dari 80 negara. Pada Selasa (11/7/2023) Tim Indonesia mengikuti Tes Eksperimen dan pada Kamis (13/7/2023) dilanjutkan dengan Tes Teori.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)