alexa snippet

Piala AFF 2016

Status Runner Up Masih Melekat di Timnas Indonesia

Status Runner Up Masih Melekat di Timnas Indonesia
Thailand menang 2-0 atas Indonesia. Foto/Reuters
A+ A-
BANGKOK - Tim Nasional Indonesia gagal meraih gelar juara di ajang Piala AFF. Tahun ini Indonesia dipaksa bertekuk lutut oleh Thailand. Secara aggregat, Skuat Garuda kalah 2-3.

Tampil di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) Indonesia sebenarnya cukup bermain imbang untuk membungkam publik Thailand. Pada leg pertama yang digelar 14 Desember 2016 lalu, Indonesia menang 2-1 di Stadion Pakansari. Namun misi menjaga keunggulan tak mampu diwujudkan. Skuat Garuda babak belur dihajar Tim Gajah Perang.

Sejak awal Thailand memegang kendali permainan. Teerasil Dangda Cs sukses merepotkan lini belakang Indonesia. Gol akhirnya terjadi di menit 37. Umpan silang Theeraton Bunmathan salah diantisipasi oleh Fachrudin Aryanto. Bola yang memantul kemudian mengenai kaki Sirod Chatthong dan masuk ke gawang Kurnia Meiga.

Di sisa waktu babak pertama, Indonesia belum mampu bangkit dari tekanan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Dengan keadaan ini aggregat jadi 2-2.

Sekembalinya dari masa istirahat, Thailand sukses memanfaatkan celah di lini belakang Indonesia. Sirod Chatthong yang tidak terkawal berhasil menambah keunggulan untuk negaranya. Bola yang ia tendang bersarang di pojok kiri gawang.

Di babak kedua, Indonesia nyaris tanpa peluang. Para pemain sering melakukan kesalahan dalam memberi umpan. Sementara Thailand masih leluasa mengendalikan jalannya pertandingan.

Di menit 80 wasit memberi hadiah penalti untuk tuan rumah. Penalti itu lahir sebab Kurnia Meiga dianggap melakukan pelanggaran terhadap Sirod Chatthong. Namun hadiah tersebut gagal dimaksimalkan Teerasil Dangda. Ia yang ditunjuk sebagai eksekutor tak bisa menjebol gawang Kurnia Meiga.

Di penghujung babak kedua, Indonesia dapat mengancam lini belakang Thailand. Namun kesempatan itu gagal dimaksimalkan Tim Merah-Putih. Bola yang ditendang Ferdinand Sinaga hanya melambung tinggi.

Penampilan Indonesia tercoreng dengan tindakan dari Abduh Lestaluhu. Dengan sengaja ia menendang bola ke bangku cadangan Thailand. Hal itu terjadi di masa injury time babak kedua. Belum diketahui pasti mengapa sang pemain sampai melakukan tindakan tersebut.

Thailand akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan. Dengan ini aggregat berubah jadi 3-2. Untuk kelima kalinya Indonesia gagal menjuarai Piala AFF. Sementara Thailand, mereka sudah lima kali memenangkan kejuaraan ini. Berkat catatan tersebut, mereka layak disebut sebagai raja Asia Tenggara.

Status Runner Up Masih Melekat di Timnas Indonesia

Berikut susunan pemain kedua tim
Thailand (3-5-2):
Kawin Thamsatchanan; Tanaboon Kesarat, Adison Promrak, Prathum Chutong; Theeraton Bunmathan, Tristan Do, Charyl Yannic Chappuis (Pokkhao Anan 82'), Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin (Prakit Deeprom 90+5); Sirod Chatthong (Sarawut Masuk 90'), Teerasil Dangda.

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Benny Wahyudi (Dedi Kusnandar 46'), Hansamu Yama, Fachrudin Aryanto, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Zulham Zamrun (Lerby Eliandry 64'), Stefano Lilipaly, Rizky Pora (Ferdinand Sinaga 73'); Boaz Salossa.



(bep)
loading gif
Top