alexa snippet

Piala AFF 2016

Bekuk Indonesia Lagi, Thailand Jadi Tim Tersukses di Piala AFF

Bekuk Indonesia Lagi, Thailand Jadi Tim Tersukses di Piala AFF
Suporter Thailand mengibarkan bendera di Rajamangala Stadium untuk memberikan dukungan saat berhadapan dengan Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016). Thailand menang 2-0 dan keluar sebagai juara. Foto/REUTERS/Athit Perawongmetha
A+ A-
BANGKOK - Thailand berhasil membalikkan keadaan atas Indonesia di final Piala AFF 2016. Sempat kalah 1-2 di leg pertama, The War Elephant berbalik unggul agregat jadi 3-2 berkat kemenangan 2-0 di leg kedua.

Indonesia yang bawa modal kemenangan 2-1 dari Stadion Pakansari, Bogor, dibuat tidak berkutik Thailand saat gantian bermain di Rajamangala Stadium, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). Dua gol tanpa balas Thailand lesakkan ke gawang Indonesia, yang tentunya sudah lebih dari cukup untuk berbalik unggul agregat.

Thailand membuka skor pada menit ke-37. Sirod Chatthong yang diplot sebagai striker bayangan di belakang Teerasil Dangda, menjebol gawang Kurnia Meiga. Berawal dari umpan Teerathon Bunmathan yang gagal dihalau dengan sempurna Fachrudin, bola justru mengenai kaki Chatthong dan membuat bola bergulir masuk ke gawang Indonesia. Skor berubah jadi 1-0 dan hasil ini sejatinya sudah cukup mengantar Thailand juara.

Gol kedua Thailand lahir saat laga baru berjalan 40 detik selepas kick off babak kedua. Lagi-lagi berkat tusukan dari sayap kiri, Chatthong menaklukkan Kurnia Meiga lewat sepakan indah kaki kanannya di kotak penalti untuk mencatatkan namanya sekali lagi di papan skor.

Skor 2-0 bertahan hingga laga berakhir. Thailand pun keluar sebagai juara edisi 2016, mempertahankan trofi yang sama yang mereka raih dua tahun lalu. Raihan ini membuat tim asuhan Kiatisuk Senamuang jadi tim tersukses dengan koleksi lima trofi, melewati capaian Singapura yang cuma punya empat. Thailand berhasil juara pada tahun 1996, 2000, 2002 (turnamen masih bernama Piala Tiger), 2014, dan 2016.

Sementara bagi Indonesia, kekalahan ini menegaskan skuat Garuda tim spesialis runner up. Lima kali masuk final (tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016), kekalahan selalu mereka derita.

Belum sampai di situ, kekalahan ini membuat Indonesia melanjutkan tren buruk atas Thailand ketika berjumpa di final Piala AFF. Pada gelaran edisi 2000 dan 2002, Indonesia gagal mengangkat trofi juga akibat dikalahkan Negeri Gajah di partai puncak. (Baca Juga: Status Runner Up Masih Melekat di Timnas Indonesia)



(bep)
loading gif
Top