alexa snippet

Piala AFF 2016

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016
Timnas Indonesia meraih status runner up di Piala AFF 2016. Foto/dok.AFF
A+ A-
BANGKOK - Kegagalan kembali dialami Timnas Indonesia. Pada Piala AFF 2016, Indonesia tak bisa meraih gelar juara. Di laga pamungkas, Boaz Salossa Cs kalah aggregat 2-3 dari Thailand.

Meski demikian, perjalanan Skuat Garuda patut diacungi jempol. Sebab jika menengok ke belakang, persiapan Indonesia mengikuti Piala AFF tahun ini banyak diwarnai masalah besar.

Selama kurang lebih satu tahun, status Indonesia dicoret dari keanggotaan FIFA. Karena hal tersebut, otomatis para pemain tidak punya banyak kesempatan untuk menguji bakatnya di level internasional.

Setelah terbebas dari hukuman itu, Indonesia dihadapi dengan mepetnya jadwal persiapan. Masalah bertambah sebab Alfred Riedl hanya diperbolehkan mengambil dua pemain dari masing-masing klub.

Awalnya penampilan Tim Merah-Putih sempat diragukan. Namun mereka mampu membuktikan diri hingga lolos ke babak final.

Sekadar mengingatkan pembaca, berikut Sindonews rangkum perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

19 November 2016: Thailand 4-2 Indonesia (Babak Penyisihan Grup A)
Indonesia masuk grup neraka di Piala AFF 2016. Sebagai lawan pertama, mereka harus menghadapi Thailand di Philippine Stadium 19 November 2016 lalu.

Dalam laga itu Skuat Garuda menyerah 2-4. Thailand menang lewat Peerapat Notchaiya serta tiga gol dari Teerasil Dangda. Sedangkan dua gol Indonesia dibuat oleh Boaz Salossa dan Lerby Eliandy.

-------------------
22 November 2016: Indonesia 2-2 Filipina (Babak Penyisihan Grup A)
Indonesia sempat tampil mengejutkan dalam laga ini. Tim Merah-Putih unggul cepat di menit ke-7 lewat aksi Fachrudin Aryanto.

Namun di menit 31, Filipina dapat menyamakan kedudukan lewat gol Misagh Bahadoran. Indonesia kembali unggul berkat Boaz di menit 68. Namun keunggulan itu gagal mereka pertahankan. Sebab pada menit 82 gawang Kurnia Meiga dijebol oleh Phil Younghusband.

-------------------
25 November 2016: Singapura 2-1 Indonesia (Babak Penyisihan Grup A)
Penampilan yang lebih mengejutkan diperlihatkan Indonesia dalam laga ini. Sempat tertinggal 0-1, Indonesia akhirnya sukses menutup duel dengan kemenangan 2-1.

Singapura unggul lebih dulu lewat gol Khairul Amri menit 27. Namun Indonesia berhasil bangkit di babak kedua. Kedudukan berbalik usai Andik Vermansyah mencetak gol di menit 68 dan Stefano Lilipaly menit 85.

-------------------
3 Desember 2016: Indonesia 2-1 Vietnam (Leg Pertama Semifinal)
Tampil di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia kembali memperlihatkan penampilan yang mengagumkan. Vietnam yang berstatus sebagai juara grup B, dikalahkan dengan skor 2-1.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top