4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 08:30 WIB
loading...
4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun
Konflik di Ukraina dan melawan NATO menyebabkan Rusia harus meningkatkan anggaran militernya. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menggandakan target pengeluaran pertahanan 2023 menjadi lebih dari USD100 miliar (Rp1.515 triliun) atau sepertiga dari seluruh pengeluaran publik.

Itu dilaporkan setelah Reuters mempelajari sebuah dokumen pemerintah. Banyak pihak menduga peningkatan anggaran pertahanan itu karena biaya perang di Ukraina meningkat dan beban keuangan Moskow.

Angka-angka tersebut menyoroti pengeluaran Rusia untuk konflik pada saat data pengeluaran anggaran khusus sektor tidak lagi dipublikasikan.

Mereka menunjukkan bahwa pada paruh pertama tahun 2023 saja, Rusia membelanjakan 12%, atau 600 miliar rubel, lebih banyak untuk pertahanan daripada 4,98 triliun rubel (USD54 miliar) yang awalnya ditargetkan untuk tahun 2023.

Pengeluaran pertahanan dalam enam bulan pertama tahun 2023 berjumlah 5,59 triliun rubel, 37,3% dari total 14,97 triliun rubel yang dihabiskan pada periode tersebut. Rencana anggaran Rusia membayangkan 17,1% dari total dana yang dihabiskan untuk "Pertahanan Nasional".

Pemerintah Rusia dan kementerian keuangan tidak menanggapi permintaan komentar atas angka tersebut.

Meningkatnya biaya perang mendukung pemulihan ekonomi sederhana Rusia tahun ini dengan produksi industri yang lebih tinggi, tetapi telah mendorong keuangan anggaran menjadi defisit sekitar USD28 miliar - angka yang diperparah oleh penurunan pendapatan ekspor.

Berikut adalah 4 pemicu peningkatan anggaran militer Rusia.

1. Invasi ke Ukraina

4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Foto/Reuters

Pengeluaran yang lebih tinggi untuk pertahanan, karena Moskow menuntut apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina. Itu dapat memperlebar defisit lebih jauh, sementara peningkatan produksi dapat mengkanibal sektor lain dan menekan investasi swasta.

Perhitungan Reuters berdasarkan dokumen tersebut menunjukkan bahwa Rusia telah menghabiskan 19,2% untuk pertahanan dalam enam bulan pertama dari semua pengeluaran anggaran yang awalnya direncanakan untuk tahun 2023 secara keseluruhan.

Data terakhir yang tersedia untuk umum menunjukkan Moskow telah menghabiskan 2 triliun rubel untuk militer pada Januari dan Februari. Pada paruh pertama tahun ini, belanja anggaran lebih tinggi 2,44 triliun rubel dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Berdasarkan dokumen tersebut, 97,1% dari jumlah tambahan itu ditujukan untuk sektor pertahanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)