alexa snippet

Baru Bebas dari Pembekuan, PSSI dan Abduh Lestaluhu Dihukum AFC

Baru Bebas dari Pembekuan, PSSI dan Abduh Lestaluhu Dihukum AFC
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dijatuhi hukuman denda oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC)/Foto/dokumentasi/Sindophoto
A+ A-
BANDUNG - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dijatuhi hukuman denda oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Hukuman tersebut dikeluarkan menyusul dua pelanggaran serupa di Piala AFF 2016 lalu. Selain PSSI, bek Abduh Lestaluhu juga kena sanksi.

Kasus pertama terjadi saat timnas Indonesia menghadapi Vietnam di babak semifinal. Suporter Indonesia yang memadati Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat terang-terangan menyalakan flare atau kembang api. Padahal aksi tersebut sudah dilarang oleh AFC bahkan juga FIFA. Namun karena melanggar, PSSI akhirnya dikenai denda sebesar USD20.000 atau setara Rp267 juta.

Kejadian serupa kembali terlihat saat Indonesia menghadapi Thailand di leg pertama final Piala AFF. Masih di Stadion Pakansari, suporter menyalakan flare di dalam area tribun penonton. Alhasil PSSI dikenai hukuman denda sebesar USD450.000 atau Rp600 juta. Nominal denda lebih besar sebab suporter mengulangi pelanggarannya.

Tak hanya itu, hukuman juga diberikan untuk Abduh Lestaluhu. Seperti diketahui, bek kiri Indonesia itu sengaja menendang bola ke bench Thailand saat final leg kedua digelar di Stadion Rajamangala.  Atas tindakan tersebut, Abduh dihukum larangan bermain plus denda USD1.000 atau sekitar Rp13,3 juta.

"Abduh Lestaluhu mendapatkan saksi larangan tampil sebanyak dua laga internasional. Hukuman itu termasuk larangan bermain dalam satu pertandingan karena kartu merah yang ia terima saat melawan Thailand pada 17 Desember 2016 lalu. Abduh Lestaluhu juga harus membayar denda sebesar USD1.000  atas pelanggaran yang sama, " bunyi pernyataan AFC.



(sha)
loading gif
Top