10 Fakta Little Boy dan Fat Man, Bom Atom yang Menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki

Minggu, 06 Agustus 2023 - 21:35 WIB
loading...
10 Fakta Little Boy dan Fat Man, Bom Atom yang Menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki
Bom atom yang dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki menjadi targedi yang memilukan bagi Jepang. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Jepang pada Minggu (6/8/2023) memperingati 78 tahun pengeboman atom AS di Hiroshima, di mana walikotanya mendesak penghapusan senjata nuklir dan menyebut gagasan penangkal nuklir G7 sebagai "kebodohan".

Hari untuk memperingati para korban serangan nuklir pertama di dunia datang ketika Rusia telah meningkatkan momok penggunaan senjata nuklir dalam perangnya dengan Ukraina.

Itu juga muncul sebagai film biografi "Oppenheimer", yang mencatat penciptaan bom atom, telah menjadi hit box-office di Amerika Serikat. Beberapa orang mengkritik film tersebut karena mengabaikan penghancuran senjata di Hiroshima dan Nagasaki - yang dibom tiga hari kemudian, pada 9 Agustus 1945.

Hiroshima menjadi sorotan pada bulan Mei, di mana Perdana Menteri Fumio Kishida menjadi tuan rumah KTT G7 di kota barat, daerah pemilihan rumahnya. Para pemimpin G7 mengeluarkan pernyataan yang menyatakan komitmen mereka untuk mencapai pelucutan senjata tetapi mengatakan bahwa selama senjata nuklir ada, mereka harus berfungsi untuk mencegah agresi dan mencegah perang.

Pada hari Minggu, lonceng perdamaian berdentang pada pukul 8:15 pagi (2315 GMT pada hari Sabtu), saat bom dijatuhkan. Sekitar 50.000 peserta dalam upacara peringatan di luar ruangan termasuk para penyintas lanjut usia mengamati momen hening, dengan panas musim panas mencapai 30 derajat Celcius.

"Para pemimpin di seluruh dunia harus menghadapi kenyataan bahwa ancaman nuklir yang sekarang disuarakan oleh pembuat kebijakan tertentu mengungkapkan kebodohan teori pencegahan nuklir," kata Walikota Hiroshima Kazumi Matsui pada upacara yang juga dihadiri oleh Kishida, dilansir Reuters.

Kishida mengatakan jalan menuju dunia tanpa senjata nuklir semakin terjal, sebagian karena ancaman nuklir Rusia, tetapi ini membuat semakin penting untuk mengembalikan momentum internasional menuju tujuan itu.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan dukungannya. "Para pemimpin dunia telah mengunjungi kota ini, melihat monumennya, berbicara dengan para penyintasnya yang pemberani, dan muncul dengan berani untuk menangani penyebab perlucutan senjata nuklir," katanya dalam sambutan yang dibacakan oleh perwakilan PBB. "Lebih banyak yang harus melakukannya, karena genderang perang nuklir kembali ditabuh."

Bom dijatuhkan di Hiroshima pada 6 Agustus, dijuluki "Little Boy" menewaskan ribuan orang seketika dan sekitar 140.000 pada akhir tahun. Jepang menyerah pada 15 Agustus.

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang bom atom Nagasaki dan Hiroshima.

1. Ada lima kota di Jepang yang masuk dalam daftar sasaran awal AS dan Nagasaki bukan salah satunya

10 Fakta Little Boy dan Fat Man, Bom Atom yang Menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki

Foto/Reuters

Daftar tersebut termasuk Kokura, Hiroshima, Yokohama, Niigata, dan Kyoto. Dikatakan bahwa Kyoto akhirnya terhindar karena Menteri Perang AS Henry Stimson menyukai ibu kota Jepang kuno, setelah menghabiskan bulan madu di sana beberapa dekade sebelumnya. Nagasaki menggantikan tempatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)